Menu

Detik-Detik Terakhir Penerimaan Pajak, DJP Sumbar-Jambi Ajak WP Segera Bayar Pajak

  Dibaca : 758 kali
Detik-Detik Terakhir Penerimaan Pajak, DJP Sumbar-Jambi Ajak WP Segera Bayar Pajak
PENGHARGAAN DJP— Pemred POSMETRO PADANG, Reviandi menerima penghargaan dari Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi Lindawaty atas kerja sama dan dukungan yang baik sepanjang tahun 2019 kepada kepada Kanwil DJP Sumbar dan Jambi untuk kegiatan #PajakKuatIndonesiaMaju, yang diserahkan dalam kegiatan Media Gathering, Kamis (12/12).

PADANG, METRO – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumbar dan Jambi mencatat penerimaan negara dari sisi pajak masih jauh dari target. Padahal, saat ini sudah masuk bulan terakhir di tahun 2019.

Untuk itu, jajaran DJP Sumbar dan Jambi berharap dukungan dari media untuk bisa membantu menginformasikan kepada masyarakat, terutama Wajib Pajak (WP) untuk melaporkan pajak dan membayar pajak.

“Sekarang adalah detik-detik terakhir penerimaan pajak. Kami berharap masyarakat Sumbar tergerak hatinya untuk membayar pajak atau menyetornya,” ungkap Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi Lindawaty, dalam kegiatan Media Gathering Kanwil DJP Sumbar Jambi dengan tema ‘Bersama Membangun Negeri’, Kamis (12/12).

Dijelaskan Lindawaty, dari target penerimaan pajak untuk DJP Sumbar dan Jambi, hingga 12 Desember baru tercapai 71,29 persen dari target Rp11,355 triliun. Dan, khusus untuk Sumbar dari target Rp5,8 triliun baru terealisasi Rp3,8 triliun.

“Kita berharap kerja sama media untuk bisa mendukung kegiatan Kanwil DJP Sumbar dan Jambi untuk mengajak masyarakat agar sadar pajak, mau membayar pajak. Memang berat. Kita saja pegawai pajak juga begitu, jika tak langsung dipotong mungkin akan terasa berat untuk bayar pajak,” kata Lindawaty yang baru menjabat lima bulan sebagai Kakanwil DJP Sumbar dan Jambi ini.

Dalam kegiatan Media Gathering yang dihadiri oleh 4 Pemred Media Cetak, serta belasa Pemred dari Radio/Televisi/Media Online tersebut, Lindawaty mengungkapkan dengan komunikasi yang baik, integritas, dia optimis di tahun 2020, penerimaan pajak di Sumbar semakin lebih baik lagi.

Menurut dia, pegawai pajak tak bisa kerja sendirian dan butuh dukungan dari media di Sumbar. Apalagi, target dari pemerintah cukup tinggi untuk sektor pajak. Untuk diketahui, setiap bulan, Indonesia membutuhkan Rp100 triliun, dan sektor pajak hanya memenuhi atau menyumbang sekitar Rp80 triliun.

“Dari Rp100 triliun itu, Provinsi Sumbar menyumbang Rp608 miliar setiap bulan untuk Indonesia. Seharusnya, kita berharap Sumbar dan Jambi bisa menyumbang Rp1 triliun tiap bulan. Mudah-mudahan tahun 2020 bisa lebih lagi,” harap Lindawaty.

Dalam Media Gathering tersebut, kakanwil juga memperkenalkan sejumlah pejabat eselon yang terlibat langsung dalam perpajakan. Di antaranya, Rizaldi Kurniawan Ridwan (Kabid Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan), Sri Indriyanta (Kabid Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian), Selamat Muda (Kabid Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen dan Penyidikan), Maulana Abdullah (Kabid Keberatan, Banding dan Pengurangan) serta Sabiqoh Faqih (Kabid Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat).

Dalam kesempatan itu, Lindawaty mengungkapkan jika Provinsi Sumbar memiliki banyak potensi sumber pajak, salah satunya adalah sektor pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Karena itu, sebenarnya dari sektor itu bisa digarap maksimal, maka penerimaan pajak bisa semakin lebih baik.

“Kami mengimbau agar pelaku UMKM bersedia membayarkan pajak mereka. Sebab, sekecil apapun usaha, semestinya sadar untuk kewajiban mereka membayar pajaknya. Baik itu yang beromset Rp500 ribu hingga miliaran,” ulas Linda.

Menurut dia, dengan adanya kesadaran membayar pajak, pembangunan Indonesia tentunya akan semakin meningkat. Karena dana yang terkumpul dari pajak tersebut digunakan untuk pembangunan.

Di sisi lain, sebagai media penyampai informasi publik, media massa diperlukan DJP untuk menyampaikan berbagai peraturan dan kebijakan perpajakan. Selain itu, untuk meluruskan kembali anggapan masyarakat yang ditujukan kepada DJP.

Kemudian, dengan Media Gathering yang rutin dilakukan DJP setiap tahun ini, diharapkan wartawan dapat memberikan informasi tentang perpajakan lewat medianya masing-masing, menyajikan informasi terpercaya dan menggambarkan keadaan sebenarnya kepada publik. Sehingga informasi itu memberikan bentuk semangat kepada masyarakat untuk makin sadar dan peduli pajak. Muaranya dapat menopang penerimaan pajak untuk mewujudkan suatu pemerintahan yang mandiri dari segi pembiayaan.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada awak media di Sumbar yang telah mendukung publikasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Kanwil DJP Sumbar dan Jambi. Dengan dukungan publikasi media, setiap informasi ataupun peraturan terbaru terkait perpajakan dapat disampaikan dengan cepat kepada masyarakat. Tentu, saya mengharapkan untuk kedepannya teman-teman media bisa terus aktif mendukung program-program DJP,” ungkapnya. (ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional