Close

Desa Silungkang Duo Gelar Festival Budaya

LATIHAN— Peserta yang akan mengikuti lomba Basilone Festival Budaya Desa sedang berlatih.

SAWAHLUNTO, METRO–Kegiatan BASILONE merupakan Festival Budaya Desa yang akan digelar Desa Silungkang Duo,  24 – 25 November 2021.  “Alek “BASILONE ini diisi dengan rangkaian kegiatan,  jelajah budaya desa, lomba foto potensi dan aktivitas budaya, pa­sar kuliner, parade olang-olang (layang-layang) dan panggung budaya permainan anak nagari,” jelas Pendamping Kebudayaan Desa Kota Sawahlunto Yogi Andika Hendraliza melalui keterangan tertulisnya, Senin (22/11).

Ditambahkan Yogi,  se­luruh pelaksanaan kegiatan dipusatkan di Bukit Tulompo, Dusun Talang Tuluih Desa Silungkang Duo Kecamatan Silungkang, yang merupakan lokasi di puncak bukit dengan pemandangan lanskap kawasan Silungkang.

“Ini merupakan salah satu hasil dari program pendampingan kebuda­yaan desa atau daya desa. Sebelum kegiatan ini terlebih dahulu dilakukan identifikasi potensi budaya, sejarah dan wisata di Desa Silungkang Duo yang kemudian banyak diantaranya kita ekplorasi melalui kegiatan BASILONE nanti,” kata Yogi.

Kepala Desa Silungkang Duo Wandi menyebutkan, pihaknya bersama masyarakat menyambut dan sangat bersema­ngat untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan Festival Budaya Desa yang digelar untuk pertama kalinya di desa itu.

“Ini kan memang sejak awal langsung melibatkan masyarakat, mulai dari bermusyawarah menentukan konsep kegiatan dan lain – lain. Sehingga seka­rang semua masyarakat turun secara swadaya atau bergotong royong dalam membantu persiapan – persiapan festival ini,” ujar Wandi.

Wandi mengatakan, dengan terlibatnya warga terutama generasi muda dalam penampilan – penampilan panggung budaya juga menjadi motivasi bagi anak nagari setempat dalam menunjukkan bakat dan melestarikan budaya.

Memastikan kegiatan itu berlangsung dengan aman dan sehat dalam masa pandemi Covid- 19 ini, Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Hil­med mengatakan pihak­nya berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam semua rangkaian kegiatan.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, Pemko Sawahlunto melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait men­dukung pelaksanaan Festival Budaya Desa BA­SILONE.

“Ini mengekspose ke­kayaan wisata budaya dan sejarah dari desa. Kita mendukung sekali karena sangat bermanfaat dalam melestarikan budaya juga menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa Silungkang Duo ini,” sebut Deri Asta. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top