Close

Desa Kubang Tangah Wakili Sawahlunto ke Tingkat Sumbar

PENILAIAN KELURAHAN BERPRESTASI— Ketua tim penilai Provinsi Sumbar, Amasrul SH dan rombongan saat sampai disambut siriah dalam carano di Desa Kubang Tangah dalam penilaian Lomba Desa, Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 tingkat Provinsi Sumbar.

SAWAHLUNTO, METRO–Dalam Lomba Nagari, Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar Tahun 2022, Desa Kubang Tangah yang mewakili Kota Sawahlunto berhasil masuk ke dalam lima (5) besar penilaian Lomba Desa, Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022 tingkat Provinsi Sumbar.

Hal tersebut disampaikan oleh tim penilai Pro­vinsi Sumbar, Amasrul SH saat kunjungan langsung ke lapangan di Desa K­u­bang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sa­wahlunto, Rabu pagi (15/6).

Setelah melewati berbagai tahap penilaian Administrasi, Desa Kubang Tangah dinobatkan sebagai lima (5) besar terbaik dari 14 Kabupaten Kota lainnya di Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Tim Penilai, Amasrul SH dalam kegiatan Penilaian Tahap II Lomba Nagari, Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sumbar di lapa­ngan Desa, Kubang ta­ngah.

Amasrul memaparkan bahwa, sebagai lima (5) besar terbaik menurut regulasi, Desa Kubang Tangah harus melewati berbagai tahap penilaian dan pada penilaian tahap kedua (2) yang dilakukan saat ini, tim penilai berkompeten di bidang masing-masing.

Ketua tim juga memaparkan bahwa tujuan dari penilaian ini adalah salah satu bentuk dari evaluasi untuk mendorong nagari, desa dan kelurahan dalam menggali potensi untuk meningkatkan kesejahteraan yang dilakukan secara berjenjang.

“Penilaian berjenjang diawali dari tingkat desa/kelurahan, tingkat kota, tingkat provinsi sampai pada ting­kat nasional yang dilakukan untuk lebih me­ngetahui efektifitas kemandirian pem­bangunan yang berlangsung pada disetiap nagari, desa dan kelurahan sehingga benar Lom­ba Nagari, Desa dan Ke­­l­urahan Berprestasi Ting­kat Sumbar Tahun 2022,­benar diperoleh data secara valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” ung­kap Amasrul memaparkan.

Amasrul berharap a­gar unsur Desa Kubang Tangah dapat pro aktif memberikan data dan paparan yang sesuai dengan tahapan sebelumnya. Sebagai indikator penting dalam penilaian, sehingga Desa Kubang Tangah mam­pu menjadi yang terbaik di Sumbar dan nantinya mewakili ranah minang, ke tingkat nasional.

Sementara itu Walikota  Sawahlunto Deri Asta dalam sambutannya kepada tim penilai memaparkan bahwa Desa Kubang tangah yang dinilai saat ini, merupakan Desa terbaik di Kota Sawahlunto dalam hal pelayanan prima kepada masyarakat serta mampu memaksimalkan program ekonomi kerakyatan.

“Masyarakat Kota Sa­wahlunto merupakan 70 persennya para petani, sebagai mana kita ketahui sektor pertanian adalah sektor yang tidak terimbas secara langsung dengan pandemi Covid-19. Melalui berbagai program eko­nomi kerakyatan, diaplikasikan pada setiap desa dan kelurahan yang digagas langsung oleh Pemerintah Kota Sawahlunto, terbukti telah membuahkan hasil yang me­ng­gembirakan. Karena Kota Sawahlunto menjadi pemuncak dari data BPS sebagai kota dengan penduduk miskin terkecil di Indonesia,” ungkapnya.

“Kita berharap Desa Kubang tangah mampu memberikan hasil maksimal dalam penilaian ini sehingga memotivasi Nagari, Desa dan Kelurahan yang lainnya untuk tetap tangguh pada situasi pasca Covid-19 melalui ber­bagai inovasi serta ber­bagai program untuk pe­ningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut penanggung jawab tim penilai Amasrul, dasar hukum dari kegiatan Lomba Desa, Nagari dan Kelurahan Berprestasi itu adalah Permendagri No. 81 Tahun 2015 yang tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan desa, nagari dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat dan daya saing.

Tim Penilai Lomba Nagari, Desa dan Kelurahan Berprestasi 2022 ini terdiri dari Kadis PMD Sumbar Amasrul SH sebagai pe­nanggungjawab dengan anggota Desrianto Boy, SPd MSi (Kabid Pemnag PMD), Drs H Syafrizal Ucok, MM (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan), Retma Nency SSTP (PSM Ahli Muda), Drs Aristo Munandar MM (Pamong Senior), Dr Sadrianto MPd (Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar), Firdaus SH (Sekretaris Badan Kesbangpol), Hafrizal SKM MKes (Dinas Kesehatan), Nuzurwan Erixon SIP MSi (Biro Pemerintahan), Irwandi Walis SSos (LPM Sumbar), Dra Hendrawati Roza MSi (Tim Penggerak PKK), Ir Effi Zulfia Naros (PSM Ahli Muda PMD) dan Firmanto SIP (PSM Ahli Muda PMD) dan Tim Penilai dibantu oleh Sekretariat, Airassandi Vinika SSTP dan Mettrawati SE. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top