Menu

Desa Cimparuah Terpilih Ikuti Lomba PHBS

  Dibaca : 314 kali
Desa Cimparuah Terpilih Ikuti Lomba PHBS
Kades cimparuah

PARIAMAN, METRO – Desa Cimparuah Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman terpilih untuk mengikuti Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), dan Lomba Paud Terintegrasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Penilaian Lomba tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 29 November 2019, oleh Tim Penilai yang datang dari Provinsi Sumatera Barat. Menjelang penilaian akan dilakukan, Kepala Desa Cimparuah Mafialdi beserta masyarakat Desa Cimparuah sudah mulai melakukan pembenahan dengan selalu melakukan gotong royong bersama, membersihkan lingkungan mereka masing-masing

“Sebenarnya gotong royong tersebut sudah secara rutin dilakukan oleh masyarakat Desa Cimparuah yang terdiri dari empat Dusun. Dusun tersebut adalah Dusun Subarang, Dusun Subarang Padang, Dusun Tangah, dan Dusun Lapai. Setiap Dusun selalu saling berlomba untuk mempercantik dan menjaga kebersihan lingkungan Dusun mereka masing-masing, sehingga terlihat asri dan indah dipandang mata orang yang melihatnya,” ujar Mafialdi, kemarin.

“Ada tiga kategori lomba yang akan dinilai oleh Tim Penilai Provinsi Sumatera Barat nantinya, yaitu PHBS, LBS, dan Paud Terintegrasi. Persiapan yang kami lakukan untuk menghadapi Lomba PHBS Tingkat Provinsi ini adalah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat seperti yang telah dilakukan masyarakat Desa Cimparuah secara bersama-sama dalam melakukan gotong royong,” tuturnya.

“Kemudian untuk Lomba LBS, kami melakukan koordinasi dengan Bidan Desa juga Puskesmas tentang apa-apa saja yang perlu kami persiapkan untuk Lomba LBS Tersebut, contohnya dalam hal melengkapi Adminisrasi Desa, bagaimana cara membuat program kesehatan lingkungan yang baik dan lain-lainnya yang berkaitan dengan LBS ini, sehingga terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat,” ungkapnya.

“Sementara itu dalam hal penilaian Paud Terintegrasi kami selalu memantau bagaimana tumbuh kembang balita dengan para kader pos yandu dan bidan desa, bagaimana dengan gizinya dan bagaimana cara mendidik mereka di usia dini sehingga selalu terjaga kualitas kesehatan dan pendidikannya melalui kegiatan yang terintegrasi  di Posyandu, PAUD dan BKB,” jelas Kades Cimparuah ini.

Beliau berharap dengan pembinaan yang selalu dilakukan oleh Kecamatan Pariaman Tengah, dan petugas lainnya, Lomba Penilaian PHBS, LBS, dan Paud Terintegrasi tersebut bisa berjalan maksimal dan bisa mengharumkan nama Kota Pariaman dalam lomba ini,  dengan semangat gotong royong yang masih melekat pada masyarakat Desa Cimparuah Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.

“Jadi persiapan dan pembenahan yang kami lakukan tidak lepas dari saling mengadakan koordinasi dengan Kecamatan, Kader-Kader Pos Yandu, Tim Penggerak PKK Desa, Majelis Taklim Desa , Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat lainnya yang ada di Desa Cimparuah,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional