Menu

Desa BBS Maksimalkan Penggunaan Dana Desa

  Dibaca : 91 kali
Desa BBS Maksimalkan Penggunaan Dana Desa
TINJAU— Camat Barangin Subandi Arpan meninjau langsung pengerjaan fisik jalan ke Dusun Gunung yang memang sangat membutuhkan akses jalan.

SAWAHLUNTO, METRO
Desa Balai Batu Sandaran (BBS) memaksimalkan penggunaan Dana Desa DD-nya sebesar Rp363 juta untuk pembangunan fisik jalan Simpang Picacang ke Dusun Gunung sepanjang 759 meter. Proyek pembangunan jalan ini telah dilaksanakan sejak Februari 2021 dan merupakan proyek padat karya.

Camat Barangin Subandi Arpan yang meninjau langsung pengerjaan fisik jalan tersebut dengan antusias. Menurut mas Subandi panggilan akrab pak Camat Barangin tersebut pemaksimalan DD dengan pembangunan fisik jalan ke Dusun Gunung yang memang sangat membutuhkan akses jalan bagus suatu bentuk keseriusan Desa BBS terhadap masyarakanya.

“Bukti penggunaan DD memang mendahulukan kepentingan warga yang prioritas sesuai dengan arahan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti beberapa waktu lalu, agar mempercepat pembangunan atau penggunaan DD untuk kebutuhan warga yang prioritas. Sebab dengan begitu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga desa yang bersangkutan,” kata Subandi.

Dia juga menambahkan, Desa BBS ini yang pertama menggunakan DD nya untuk pembangunan fisik di Kecamatan Barangin. “Ini contoh bagi Desa yang lain untuk mempercepat penggunaan DD nya agar perputaran uang cepat di Desa tersebut dan ekonomi rakyat meningkat,” kata Subandi.

Kades BBS Nasirwan SSos mengungkapkan, bahwa jalan ini nantinya sangat berarti dan besar manfaatnya guna menghidupkan ekonomi masyarakat Dusun Gunung Balai Batu Sandaran, karena daerah ini setiap bulannya memproduksi kemiri mencapai 1,5 ton perbulan. “Ditambah juga dengan perkebunan serai wangi dan sawah penduduk seluas 65 hektare terdiri dari dua kelompok tani,serta ternak sapi juga berkembang dengan baik,” ujar Nasirwan.

Dia juga menjelaskan proyek jalan desa ini juga menyerap tenaga kerja 6 orang tukang dan 23 orang pekerja biasa sehingga menyerap tenaga kerja total sebanyak 52 orang, sangat membantu ekonomi keluarga ditengah pandemi Covid-19 saat ini, sebab sistem pengerjaanya dengan sistem padat karya tunai desa sesuai Kementerian Desa. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional