Menu

Desa Balai Batu Sandaran makin Berkembang

  Dibaca : 724 kali
Desa Balai Batu Sandaran makin Berkembang

SAWAHLUNTO, METRO
Desa Balai Batu Sandaran (BBS) Kecamatan Barangin semakin hari menunjukkan tajinya sebagai desa yang terus berkembang. Berawal dari berdirinya pabrik sereh wangi untuk produksi minyak sereh wangi sekarang sudah berkembang dengan memproduksi produk turunan sereh wangi. Di antaranya sabun mandi, sabun cair cuci piring, sabun cair cuci baju dan aroma terapi cair, yang kesemua sabun itu bahannya tercampur dengan sereh wangi.

Perkembangan industri sereh wangi ini tidak terlepas dari aktifnya IKM (Industri Kecil Menengah) Mekar Wangi BBS yang dikelola langsung oleh masyarakat BBS dengan sumber dana dari BUMdes. Menurut Kepala Desa BBS Nasirwan Taher, dengan adanya IKM ini makin menguatkan aktivitas ekonomi kreatif masyarakat. “Sehingga kita bisa mengembangkan produk produk kosmetika dan produk pembersih yang berupa sabun dengan bahan dasar utama adalah sereh wangi. Syukurnya untuk bahan baku sereh wangi sudah tersedia,” ujar Nasirwan.

Nasirwan menjelaskan, jangkauan pasar dari produk sabun sereh wangi yang dikelola oleh IKM Mekar Wangi ini masih sekiitar kota Sawahlunto. “ Di sini juga telah berdiri Rumah Araoma Terapi Atsiri yang akan diresmikan Walikota Deri Asta. Jadi selain menyediakan sabun kita menyediakan usaha lain yaitu Rumah Terapi Atsiri yang bahan dasar terapinya juga dari sereh wangi, silahkan datang dan kunjungi Desa BBS untuk menikmati kekhasan dari sereh wangi, selain harum juga aromanya bisa merilekskan kita dari kepenatan,” ujar Nasirwan.

Camat Barangin Subandi Arpan yang hadir dalam kunjungan tersebut menyebutkan bahwa saat ini pihak IKM Mekar Wangi sedang mengurus surat izin ke Balai POM di Jakarta, agar nantinya produk turunan sereh wangi ini bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Artinya bisa memberikan lapangan pekerjaan kedepannya bagi warga sekitar. “ Sereh wangi di Desa BBS ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dan manfaatnya, jadi silahkan bagi siapa saja untuk mencoba produk turunan sereh wangi pada Desa BBS untuk membuktikannya,” ujarnya. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional