Menu

Depot Air Minum Diperiksa

  Dibaca : 136 kali
Depot Air Minum Diperiksa
PERIKSA—Seorang petugas sedang memeriksa depot air minum (efa nurza/posmetro)

PARIAMAN, METRO  -Pemeriksaan depot air minum merupakan salah satu program kesehatan lingkungan Puskesmas Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Kegiatan ini rutin yang dilakukan sekali dalam setahun.

Kegiatan ini dimulai dengan pengambilan sampel air dengan Jenis uji mikrobiologis dan kimiawi di seluruh Depot Air Minum yang masih beroperasi saat pengambilan sampel dilakukan.

Pada tahun ini di wilayah kerja Puskesmas Marunggi terdapat 8 (delapan) Depot Air Minum yang masih beroperasi saat pengambilan sampel air dilakukan.

Setelah sampel air diambil, sampel-sampel ini kemudian diantarkan ke Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman untuk diuji secara mikrobiologis dan kimiawi.

Hasil pemeriksaan dari laboratorium lingkungan diinformasikan kepada Dinas Kesehatan Kota Pariaman untuk diteruskan kembali kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kota Pariaman, termasuk Puskesmas Marunggi.

Bagi Depot Air Minum yang memenuhi syarat secara mikrobiologis dan kimiawi, maka diberikan STIKER bahwa Depot tersebut Memenuhi Syarat yang disertai dengan masa berlakunya.

Hasil pemeriksaan ini berlaku 3 bulan setelah pengambilan sampel air dilakukan.

Setelah habis masa berlakunya, maka menjadi tanggung jawab pemilik/penanggung jawab Depot untuk memeriksakan kembali ke Laboratorium Lingkungan.

Pemilik/penanggung jawab Depot wajib melakukan uji pemeriksaan laboratorium dengan jenis uji mikrobiologis minimal sekali dalam 3 (tiga) bulan. Serta uji kimiawi sekali 6 (enam) bulan.

Hal ini dikuatkan dengan Peraturan mengenai Depot Air Minum yang dikeluarkan oleh Pemko Pariaman, yaitu Peraturan Daerah Kota Pariaman Nomor 9 Tahun 2015 tentang Izin Usaha Depot Air Minum.

“Kita sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan UPTD Puskesmas Marunggi ini, karena sangat banyak manfaatnya bagi pemilik dan masyarakat yang mengkonsumsi air depot air isi ulang ini. Kalau telah dilakukan cros cek ini tentu dapat diketahui, apakah sudah memenuhi syarat atau belum,” tandasnya.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional