Close

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Payakumbuh

TERDUGA TERORIS DITANGKAP— Warga ramai menyaksikan Densus 88 Mabes Polri menangkap terduga teroris berinsial DP (42) dan dilanjutkan penggeledahan di rumah mertuanya di Kota Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, METRO
Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan seorang terduga teroris di salah satu rumah kontrakan di Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Rabu (11/3) sekitar pukul 14.30 WIB.

Terduga teroris yang ditangkap diketahui berinisial DP alias AU (42) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang servis AC. Lokasi penangkapan berada tidak jauh dari kantor DPRD Kota Payakumbuh itu dilakukan dengan pengawalan ketat anggota Densus bersenjata lengkap serta pengawalan dari Polres Payakumbuh.

Namun, pada saat dilakukan pengkapan. DP sempat berteriak bahwa ia difitnah sebagai teroris. Dia juga juga meminta bantuan warga sekitar agar dirinya tidak dibawa. Pada saat penangkapan DP, terlihat sejumlah anggota Densus berpakaian preman. Dua orang anggota Densus menggunakan penutup wajah dan helm, memborgol tangan DP.

Penangkapan DP menghebohkan warga sekitar. Bahkan masyarakat yang sedang melintasi di jalan juga ikut berhenti menyaksikan proses penangkapan dan penggeledahan yang dilakukan petugas. Bahkan beberapa warga dan sejumlah siswa yang melintas, ikut membantu memborgol tangan DP.

Usai diamankan dan dilakukan penggeledahan di rumah kontrakan DP, tim Densus dibantu anggota Polres Payakumbuh melanjutkan penggeledahan di rumah mertuanya yang hanya berjarak sekitar ratusan meter dari lokasi penangkapan di Keluraha Bulakan Balai Kandi.

Warga yang menyaksikan peristiwa itu mencoba mendekat untuk namun terhalang petugas. Bahkan sejumlah warga yang hendak mengabadikan moment tersebut dengan handphone dilarang oleh petugas.

Kabagosp Polres Payakumbuh, Kompol Basrial saat ditanyai wartawan di lokasi penggeledahan, tidak bisa memberikan keterangan.

Lurah Bulakan Balai Kandi, Indra yang ikut mendampingi Densus melakukan penggeledahan di rumah mertua DP membenarkan bahwa sejumlah barang bukti diamankan Densus di rumah tersebut. Diantaranya handphone, dokumen, laptop serta panah.

“Iya tadi memang ada warga berinisial DP yang berprofesi sebagai tukang servis AC diamakan Densus. Dia  baru satu tahun tinggal di sini. Karena untuk penggeledahan harus disaksikan lurah, maka saya tadi dipanggil oleh RT,” terang Indra, Rabu (11/3).

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu membenarkan bahwa telah terjadi penin dakan oleh Tim Densus 88 terhadap terduga tindak pidana terorisme di Kota Payakumbuh.

“Benar Densus 88 melakukan penangkapan di Payakumbuh. Terduga teroris itu berinisial DP alias AU. Umur 42 tahun. Pekerjaan swasta. Alamat Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh,” kata Kombes Pol Satake Bayu ketika dikonfirmasi.

Satake Bayu menambahkan, penangkapan terduga teroris dilakukan sekitar pukul 14.30 WIB di Kelurahan Tanjung Gadang, Sungai Pinago Payakumbuh Barat yang lokasinya tak jauh dari Gedung DPRD Kota Payakumbuh.

“Setelah ditangkap oleh Densus 88, terduga teroris itu dibawa langsung ke Pekanbaru. Jaringannya apa kita tidak tahu, karena masih pengembangan oleh Densus 88,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penangkapan terduga teroris warga Payakumbuh merupakan yang ketiga kalinya. Beberapa tahun sebelumnya dua orang warga juga diamankan di dua tempat Kejadian Peristiwa (TKP) berbeda di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh. Pertama di Kelurahan Sungai Pinago dan kedua di Kelurahan Tanjuang Pauah. (us)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top