Menu

Dengar Tembakan, Pengedar Ganja 3 Kg Menyerah

  Dibaca : 658 kali
Dengar Tembakan, Pengedar Ganja 3 Kg Menyerah
MENYERAH— Rezki Sunantri (25) pengedar ganja sebanyak 3 Kg diringkus setelah sempat melarikan diri saat penangkapan. (romi rahmat/posmetro)

PADANG, METRO – Saat akan bertransaksi dan menunggu pembelinya, Tim Satauan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Padang meringkus pengedar ganja kelas kakap di Jalan Raya Balai Gadang, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sabtu 22 Juni 2019 sekitar pukul 23.40 WIB.

Meskipun sempat terjadi kejar-kejaran sejauh hampir 1 Kilometer antara petugas dengan pelaku pengedar ganja bernama Rezki Sunantri (25) itu, akhirnya bisa ditangkap setelah diberikan tembakan peringatan berupang kali yang membuat nyalinya ciut untuk kabur.

Tak tanggung-tanggung, dalam penangkapan tersebut petugas menyita barang bukti sebanyak 3 kg daun ganja kering dalam bentuk tiga paket besar yang dikemas menggunakan kertas dan di lakban warna coklat. Barang bukti itu ditemukan di lokasi penangkapan dan juga di dalam lemari pakain di rumah pelaku.

Informasi yang dihimpun, penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi warga bahwa pelaku merupakan pengedar narkoba di daerah tersebut dan keberadaanya membuat masyarakat setempat resah. Menindaklanjuti laporan itulah, petugas melakukan penyelidikan dan pengintaian terhadap pelaku.

Dari hasil penyelidikan itulah, petugas mendapatkan beberapa bukti awal bahwa pelaku memang melakukan jual-beli narkoba di daerah itu untuk mendapatkan keuntungan berupa uang dari hasil penjualan ganja. Petugas kemudian mengkuti pergerakan tersangka selama sepekan.

Saat melihat pelaku akan bertransaksi, pihaknya langsung melakukan penangkapan. Saat dilakukan lakukan penangkapan, pelaku mencoba melarikan diri sehingga kejar-kejaran pun tak terhindarkan. Petugas pun tidak tinggal diam dan langsung memberikan peringatan hingga pelaku dibekuk lebih kurang satu kilometer dari lokasi awal.

Setelah ditangkap, petugas menggeledah pelaku dan ditemukan dua paket kecil ganja siap edar. Untuk mencari barang bukti tambahan, petugas kemudian menggiring pelaku ke rumahnya di RT 02/RW 12, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah.

Di rumah itu, petugas melakukan penggeledahan yang disaksikan ketua RT dan warga setempat. Beberapa jam melakukan penggeledahan, ternyata petugas menemukan tiga paket besar daun ganja kering yang disembunyikannya di dalam lemari pakaian. Saat itu juga pelaku digiring ke Mapolresta Padang untuk proses hukum selanjutnya.

Kasat Resnarkoba Polresta Padang, AKP Dadang Iskandar mengatakan penangkapan terhadap pelaku berkat adanya laporan masyarakat. Dari laporan itulah, pihaknya melakukan penyelidikan hingga pelaku bisa ditangkap bersama bukti ganja yang cukup banyak.

“Pelaku diketahui berperan sebagai pengedar ganja di wilayah Koto Tangah. Pelaku menyediakan daun ganja kering dalam jumlah banyak. Penangkapan pelaku disaat sedang akan bertransaksi menunggu pembelinya. Saat ditangkap juga sempat berusaha kabur,” kata AKP Dadang Iskandar.

AKP Dadang Iskandar menambahkan pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus untuk mengungkap jaringannya. Terkait asal muasal barang bukti ganja yang ditemukan pihaknya masih mendalami keterangan dari pelaku. Dugaan sementara barasal dari Provinsi Sumut.

“Siap saja yang terlibat akan kita tangkap. Kini pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif. Terhadap pelaku akan kita jerat dengan pasal 111 jo 114 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun,” pungkasnya (r)

Editor:
KOMENTAR

1 Komentar

  1. Aconk

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional