Close

Denda Kendaraan Dihapuskan, Warga Antusias Bayar Pajak di Padangparia­man

LAYANAN— Pelayanan pembayaran pajak di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelayanan Pendapatan Daerah (UPTD-PPD) Provinsi Sumatera Barat atau Samsat Padangpariaman, Selasa (2/11).

PDG.PARIAMAN, METRO–Sejak penghapusan den­da kendaraan bermotor yang diprogramkan Peme­rin­tah Provinsi Sumatera Barat  melalui Badan Penda­patan Daerah (Bapenda), masya­rakat Padang Paria­man de­ngan antusias mem­bayar pa­jak maupun bea balik na­ma.    Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pe­la­ya­nan Pen­dapatan Da­erah (UPTD-PPD) Provinsi Sumatera Barat atau Sam­sat Padangparia­man, Su­rya­wan mengatakan, se­jak diberlakukannya pe­ng­ha­­pusan denda pada tang­­gal 15 oktober membuat an­tu­sias masyarakat sangat ting­gi. “Pembebasan sampai 15 Desember 2021 menda­tang,­” ungkapnya.

Ia menyampaikan, pem­be­rian pembebasan ini ber­tujuan untuk meringankan wajib pajak di karena wabah Covid-19 te­lah merusak sendi-sendi pe­rekonomian masyarakat.

“Saat ini diperkirakan sampai 160 kendaraan yang meminta pelayanan ke Sam­sat Padang Pariaman dalam satu hari, yang pada hari biasanya hanyak 100 paling banyak,” katanya.

Dikatakan Suryawan, se­lain penghapusan ini juga bertujuan untuk mendorong wajib pajak terutama pemilik kendaraan untuk mem­ba­yar­kan pajak kendaraannya yang telah jatuh tempo.

 “Sanksi administratif yang dihapus diantaranya denda yang dikenakan ter­hadap keterlambatan pem­bayaran PKB dan BBNKB II. Kemudian, gratis BBNKB II Pembebasan Bea Balik Na­ma Kendaraan Bermotor un­tuk kendaraan mutasi dalam dan luar Pro­vinsi Sumbar,” katanya.

Pihaknya berharap, de­ngan memberikan pemu­ti­han, denda itu diharapkan pe­milik kendaraan bermotor kembali membayar pajak. Kemudian untuk pemilik kendaraan yang belum atas nama sendiri, juga dapat melakukan balik nama. Baik itu untuk plat kendaraan yang no BA, juga untuk sa­ma-sama plat BA. “Untuk bea balik nama juga kita bebaskan, baik untuk plat nomor Sumbar maupun dari luar Sumbar, seperti dari plat B ke BA,” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang masih belum membayarkan pajak kendaraan bermotornya untuk segera membayar sebelum waktunya habis, karena dengan pemutihan ini tentu akan sangat me­ringan­kan masyarakat. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top