Close

Demo Tolak Pemekaran Papua Rusuh, Kasat Intel Terluka

DIAMANKAN— Ratusan mahasiswa Papua diamankan seusai terlibat demo tolak pemekaran Papua yang berlangsung rusuh di Kemendagri, Jumat (11/3).

JAKARTA, METRO–Ratusan mahasiswa Papua ditangkap dan dibawa ke Polda Metro Jaya seusai bentrok dengan aparat TNI-Polri di depan Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/3). Pantauan JPNN.com, ratusan pedemo itu diamankan di Stadion Polda Metro. Salah satu pedemo yang turut diamankan, Nico, mengaku ada rekan mereka yang dipukul oleh aparat.

“Ada kawan yang dipukuli di wajah sampai darah. Ada yang bajunya sampai robek. Lima orang terluka,” kata Nico, Jumat.

 Nico juga mengeklam ada perempuan yang dipukul hingga pingsan. Hingga saat ini, katanya, belum sadarkan diri. “Ada cewek dipukul sampai pingsan. Saat ini belum sadar (masih dirawat, red),” kata Nico.  Nico menyebut ada sekitar 104 orang mahasiswa Ppaua dibawa ke Polda Metro Jaya. Nico mengaku demonstarsi yang mereka lakukan hari ini merupakan aksi damai menolak pemekaran Papua.

“Aksi kami aksi damai menolak pemekaran Papua,” kata Nico.

Sebelumnya, seorang anggota polisi terluka akibat kericuhan pedemo mahasiswa Papua dengan aparat TNI-Polri di depan kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/3). “Benar, ada anggota terluka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dikonfirmasi, Jumat.

Perwira menengah Polri itu mengatakan sejumlah pedemo dibawa ke Polda Metro Jaya guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Ada beberapa orang yang dibawa ke Polda Metro untuk dilakukan pemeriksaan,” kata dia.

Kasat Intel Terluka, Kepalanya Berdarah

Aksi demo yang digelar sejumlah mahasiswa di Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (11/3) memanas dan berujung kericuhan. Bahkan, salah satu perwira polisi dari Polres Metro Jakarta Pusat terluka dan harus dilarikan ke rumah sakit.

 Kapolsek Sawah Besar Kompol Maulana Mukarom mengatakan mahasiswa yang demo berasal dari Papua. Mereka menyatakan penolakan terhadap pemekaran Papua. Menurut dia, polisi yang terluka adalah AKBP Ferikson Tampubolon.  “Kasat Intel Polres Metro Jakarta Pusat yang jadi korban pemukulan oleh pedemo mahasiswa Papua,” kata dia ketika dikonfirmasi, Jumat (11/3).

Dari foto yang beredar di media sosial, AKBP Ferikson tampak sedang memegangi kepalanya yang luka.  Darah dari kepalanya pun bercucuran menutupi sebagian wajahnya. Aksi demo ricuh ini juga terekam kamera dan videnya viral di media sosial.

Dalam video terlihat puluhan massa merusuh di Jalan Veteran saat demo berlangsung. Bahkan salah satu di antaranya kedapatan membawa bambu dalam aksi unjuk rasa. Disebutkan kerusuhan terjadi lantaran mahasiswa yang berunjuk rasa mencoba memaksa masuk ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (cr3/cuy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top