Menu

Demi TdS, Pedagang Purus Bakal Dipindahkan

  Dibaca : 1160 kali
Demi TdS, Pedagang Purus Bakal Dipindahkan
Penyerahan bantuan APD dari Audy Joinaldy kepada PMI Kota Padang, Kamis (13/8).
lapau panjang cimpago

LPC yang belum tuntas, belum bisa ditempati oleh pedagang. Akhirnya, untuk sukses TdS, para pedagang akan dipindahkan.

SAMUDERA, METRO–Kawasan Pantai Padang yang akan digunakan sebagai grand finish Tour de Singkarak (TdS) tahun ini, masih dipenuhi oleh pedagang yang berjualan di badan jalan. Pasalnya, Lapau Panjang Cimpago (LPC) yang telah selesai dibangun masih belum bisa ditempati pedagang.

”Kalau misalnya kami disuruh pindah berjualan, kami harus pindah kemana?” ujar salah satu pedagang yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Pantauan POSMETRO, kemarin masih banyak pedagang yang berjualan hingga memakai badan jalan. Bahkan jika pada sore hari, jalan yang berada di sepanjang Pantai Padang dipenuhi oleh pedagang makanan dan mainan.
”Kami tidak mendapatkan peringatan untuk tidak berjualan makanya kami masih berjualan disini,” ujar pedagang mainan, Indri.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Padang, Dian Fakri menyebutkan, dari 110 yang direncanakan, saat ini baru 48 unit kios LPC yang bisa ditempati pedagang. Jumlah itu belum cukup untuk menampung semua pedagang.

Dikatakan, data Disbudpardinas Padang, jumlah pedagang yang terdata dan memiliki SK berjualan sebanyak 68 orang. Kondisi dilapangan saat ini, ada pedagang luar yang masuk dan membuat lapak di sana. Sehingga, jumlahnya bertambah dari data yang ada.

Selain itu ada pula pedagang yang sudah mengantongi SK penempatan, malah tidak menempati dan menyuruh orang lain menempatinya. Dengan keterbatasan jumlah kios, Disbudpar sedang membicarakan dan membahas tentang pedagang-pedagang yang benar-benar berhak bisa ditempatkan di LPC.

”Kami sedang merapatkan tentang siapa-siapa saja pedagang yang berhak mendapatkan kios di LPC,” sebut Dian.

Dalam penempatan kios, Disbudpar lebih memprioritaskan pedagang yang aktif dan memiliki SK berjualan. Bagi yang di luar kategori tersebut diharapkan bersabar sampai pembangunan LPC tuntas.

Ketika ditanya, apakah kios-kios di tepi laut akan dibongkar sebelum pelaksanaan TdS, Dian belum mau berkomentar. Menurut dia, sekarang Disbudpar membahas tentang pemindahan pedagang ke kios-kios di LPC.

”Belum ada keputusan apakah mau dibongkar sebelum atau sesudah TdS. Yang jelas sekarang kita sedang melakukan verifikasi ulang terhadap pedagang yang layak dipindahkan ke LPC,” sebut Dian lagi.

Direncakan, pada 9 Oktober, panitia melakukan pemasangan tenda di lajur jalan sebelah Danau Cimpago. Sementara jalan untuk pembalap berada di lajur pinggir laut. (tin/h)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional