Close

Delapan Kecamatan Siap Bersaing, Sijunjung Gelar MTQ Tingkat Kecamatan

SIJUNJUNG, METRO–Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-40 tingkat Kabupaten Sijunjung akan resmi digelar besok, pada Sabtu (19/11). Perhelatan MTQ itu sendiri dilaksanakan di Kecamatan Kupitan. Pemkab Sijunjung hingga kini terus mempersiapkan acara pembukaan dan pelaksanaan MTQ kabupaten yang rutin digelar secara bergilir pada masing-masing kecamatan. MTQ tingkat Kabupaten Sijunjung itu akan diikuti utusan dari delapan kecamatan yang ada, direncanakan akan dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa. Perhelatan MTQ di Sijunjung cukup diminati masyarakat. Selain mencari bakat dan potensi qari dan qariah, Kabupaten Sijunjung sendiri memiliki catatan yang bagus dalam capaian MTQ.

Bahkan, baru-baru ini salah seorang putra terbaik Sijunjung, Ustadz Dasrizal berhasil menjuarai MTQ Internasional yang digelar di Kuwait. Sedangkan di tingkat provinsi, Kabupaten Sijunjung masuk dalam sepuluh besar terbaik diantara kabupaten/kota di Sumbar.

Camat Kupitan, Zainuddin Usman mengatakan, selaku tuan rumah pelaksanaan acara pihaknya optimis bahwa perhelatan MTQ tingkat kabupaten sukses digelar di Kecamatan Kupitan. “Kami selaku tuan rumah telah mempersiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan MTQ di Kecamatan Kupitan berjalan sukses dan lancar. Sukses selaku penyelenggaraan dan tentu saja siap merebut prestasi,” tuturnya.

Dikatakannya, pembukaan akan dilaksanakan di lapangan Bola Padang Sibusuk pada Sabtu (19/11) usai sholat zuhur. “Pembukaan akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian dan kebolehan dari putra-putri dari Kecamatan Kupitan,” sebutnya.

MTQ Nasional itu akan memperlombakan sembilan cabang diantaranya, cabang Tilawah TK dan Anak-Anak yang akan digelar di Masjid Ikhlas Simancuang. Tilawah Remaja, Dewasa dan Qira’at Saba’ah bertempat di Masjid Al-Furqon Padang Sibusuak. Tahfis 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz Tilawah bertempat di Masjid Jami’ Padang Sibusuak, Tahfiz 1 Juz, 5 Juz dan 20 Juz Non Tilawah di Masjid Al-Hidayah Nagari Kampung Baru. Tartil Dasar, Menengah dan Tartil Umum di Masjid Amaliah Pamuatan. MSQ dan Khutbah Jum’at di Masjid Taqwa Batumanjulur. KTIQ di MAN 2 Sijunjung. MFQ di SDN 12 Padang Sibusuk dan Bintang Qasidah di UDKP Kecamatan.

MTQ tingkat Kabupaten Sijunjung itu akan berlangsung dari 19 – 22 November mendatang. “Para kontingen akan diinapkan di pemondokan kafilah dan dewan hakim di rumah-rumah penduduk yang telah kita persiapkan,” terangnya. Pihaknya berharap agar seluruh pihak mampu berkerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ yang digelar di Kecamatan Kupitan tersebut. “Kita mohon kerjasama dari semua pihak untuk mensukseskan kegiatan MTQ ini,” tambahnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top