Menu

Dekorasi Venue MTQ ke-XXVIII Nasional Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

  Dibaca : 112 kali
Dekorasi Venue MTQ ke-XXVIII Nasional Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

PADANG, METRO
Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 selama event MTQ ke-XXVIII tingkat Nasional tahun 2020, dekorasi dan desain tata letak posisi juri, pelatih dan peserta MTQ di venue (tempat perlombaan) menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Hal ini terlihat dari dekorasi ruangan pada venue UPT Asrama Haji Padang. Venue UPT Asrama Haji Padang digunakan untuk tempat mendaftar peserta MTQ ke-XXVIII tingkat Nasional tahun 2020. Selain itu, Masjid Darul Hujjaj di UPT Asrama Haji Padang tersebut, juga digunakan untuk perlombaan cabang hifzil Al Quran 5 juz tilawah dan hifzil Al Quran 20 juz.

Pantauan POSMETRO Padang di lokasi venue terlihat dalam ruangan aula yang digunakan untuk pendaftaran peserta, kursi dan meja di disusun berkelompok. Satu kelompok terdiri dari dua kursi panitia dan empat kursi peserta. Posisi kursi panitia dengan peserta berhadapan dengan posisi berjarak antara satu dengan yang lain.

Selain itu, di atas meja juga dipasang kaca pembatas yang membatasi antara panitia dan peserta agar tidak bersentuhan dan agar doplet yang keluar dari mulut saat berbicara tidak menyebar.

Masing-masing kelompok meja dan kursi di atur dengan jarak yang cukup jauh. Untuk masuk ke ruangan tersebut siapa pun wajib pakai masker.

Di luar Gedung UPT Asrama Haji juga dipasnag tenda yang cukup besar. Di bawah tenda tersebut juga terdapat kursi yang disusun berjarak 1 meter antara satu kursi dengan kursi yang lain.

Dekorasi menerapkan protokol kesehatan Covid-19 juga sama dengan dekorasi dan desain Venue di Gedung Serbaguna UIN. Gedung ini digunakan untuk perlombaan Cabang Syarhil Al Quran. Dekorasi ruangan ini juga terlihat kursi disusun berjarak satu meter lebih antara satu kursi dengan kursi yang lain.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memastikan seluruh venue di Kota Padang yang akan digunakan untuk perlombaan MTQ ke-XXVIII Tingkat Nasional sudah siap 100 persen. Nevue tersebut memang wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini bertujuan untuk jangan sampai lokasi perlombaan menjadi pusat penyebaran Covid-19 yang baru.

Sementara, Kepala Biro Bina Mental Kesejaheraan Rakyat Setdaprov Sumbar, Syaifullah mengungkapkan, 12 venue yang dipersiapkan untuk perlombaan MTQ Nasional nanti, yakni, Mesjid Raya Provinsi Sumbar, Mesjid Nurul Iman, Mesjid Al Hakim, Kampus UNP sebanyak tiga venue, Mesjid Baiturahmah, Kampus UIN sebanyak dua venue dan Gedung Rohanna Kudus.

Syaifullah memastikan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari peserta MTQ, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno telah mengirimkan surat kepada seluruh daerah, agar seluruh peserta sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan hasil negative, dua haris sebelum datang ke Sumbar.

“Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan secara ketat. Peserta yang datang ke Sumbar hasil pemeriksaan kesehatannya harus negative dan sudah diketahui dua hari sebelum keberangkatan ke Sumbar. Gubernur sudah surati. Termasuk juga kita melakukan test swab ulang saat kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” ungkapnya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional