Menu

Debat Capres Sesi 2, Jokowi Klaim Berhasil, Prabowo Siap Turunkan Tarif Listrik

  Dibaca : 51 kali
Debat Capres Sesi 2, Jokowi Klaim Berhasil, Prabowo Siap Turunkan Tarif Listrik
DEBAT— Debat Capres sesi 2 digelar KPU RI Minggu (17/2) tanpa menghadirkan Calon wakil Presiden.

JAKARTA, METRO – Debat calon Presiden sesi kedua digelar Minggu (17/2) malam. Kedua calon Presiden tampil tanpa pasangan masing-masing, karena KPU hanya memberikan kesempatan kepada Capres saja. Tema yang diangkat adalah energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo membeberkan klaim keberhasilannya dalam bidang lingkungan hidup. Jokowi mengatakan, salah satu keberhasilannya adalah menekan kebakaran hutan dan lahan. Capres petahana ini mengungkapkan, selama tiga tahun terakhir pemerintahannya, kebakaran hutan sudah bisa diatasi.

“Kita ingin kebakaran hutan, kebakaran lahan gambut tak terjadi lagi, dan ini sudah kita atasi,” kata Jokowi dalam segmen pertama atau penyampaian visi misi pada debat calon presiden di Hotel Sultan, Jakarta

Selain itu, Jokowi menuturkan, jika terpilih pemerintahannya juga ingin fokus mengurangi sampah plastik, baik di sungai maupun di laut. “Saya kira itu dedikasi yang kita berikan pada bangsa ini untuk Indonesia maju,” kata Jokowi di akhir pidatonya. Lingkungan hidup merupakan salah satu tema yang diangkat dalam debat kali ini, selain energi, pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam.

Jokwi juga menyiapkan sistem online bagi petani dalam bidang pangan. Ini untuk menyiapkan dalam tantangan revolusi industri 4.0. “Saya yakini dengan persiapan SDM kita bisa mempersiapkan bangsa kita menuju revolusi 4.0. Contoh petani, perlunya petani dikenalkan pada market place sehingga bisa jualan online,” ungkap Jokowi.

Sehingga, katanya, hubungan petani dan konsumen sangat cepat. Usaha kecil, mikro untuk tahu mereka manfaatkan online sistemnya. Ekosistem online sangat diperlukan dalam waktu yang sangat cepat ini sehingga kita tidak tertinggal dengan negara lain. Pemerintahannya telah membangun kemajuan teknologi dari barat hingga timur Indonesia. Dengan begitu kemajuan teknologi bisa merata,” katanya.

Sementara calon Presiden 02, Prabowo Subianto berjanji akan menurunkan harga listrik hingga harga bahan-bahan pokok jika terpilih menjadi presiden dalam Pilpres 2019. Awalnya, Prabowo mengatakan, tema debat kali ini adalah inti masalah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Prabowo mengatakan, menurut PBB, suatu negara dianggap berhasil jika mampu memenuhi pangan, energi, dan air untuk rakyatnya. Setelah itu, Prabowo berjanji akan menjamin ketersediaan pangan dengan harga terjangkau. Selain itu, produsen pangan akan mendapat penghasilan yang memadai. “Kami akan segera turunkan harga listrik, harga makanan pokok. Kami siapkan pupuk berapa pun kebutuhan sampai ke petani,” kata Prabowo.

Prabowo Subianto mengatakan, masalah pangan, energi, dan air merupakan masalah utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut dia, sebagaimana dikatakan Persatuan Bangsa Bangsa, tiga hal tersebut merupakan tolak ukur keberhasilan suatu negara. “Berdiri di atas kaki kita sendiri, swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air, agar bisa survive sebagai satu bangsa,” ujar Prabowo.

Prabowo akan menjamin produsen, petani, petambak, nelayan harus mendapat penghasilan yang memadai. Di bidang energi, Prabowo dan wakilnya, Sandiaga Uno juga ingin menurunkan harga listrik. Begitu juga dengan harga makanan pokok yang saat ini dianggap semakin mahal.

Prabowo juga menyorot soal kebocoran kekayaan Indonesia ke luar negeri. Menurut dia, banyak aset maupun uang yang semestinya dikelola di dalam negeri, namun berada di luar negeri. “Kami akan mengamankan sumber ekonomi, menjaga pundi pubdi bangsa supaya kekayaan kita tidak mengalir keluar,” kata Prabowo. (*/r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional