Close

Dasawisma Kamboja III Menuju Sumbar

TIUNJAU— Pembina TP-PKK Kota Pariaman yang sekaligus Walikota Pariaman, Genius Umar saat melakukan peninjauan ke Dasawisma Kamboja.

PARIAMAN METRO–Dasawisma Kamboja III Desa Kampung Tangah Kecamatan Pariaman Ti­mur Kota Pariaman dinilai oleh Tim penilai dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Provinsi Su­matera Barat yang diketuai Oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Fitria Amelia Joinaldy.

Pembina TP-PKK Kota Pariaman yang sekaligus Walikota Pariaman, Genius Umar mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari TP-PKK Provinsi Sumbar dan selamat kepada Desa Kampung Tangah Kecamatan Pariaman Ti­mur, Kota Pariaman yang telah berhasil masuk 5 (lima) besar pada lomba Da­sa­wisma Berprestasi Tk. Pro­vinsi Sumbar tahun 2022.

“Dasawisma merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang mulia, karena menyangkut upaya pendapatan yang objektif dan menggerakkan pelaksanaan kegiatan 10 Program Pokok PKK dilapangan. Oleh sebab itu, kita perlu memposisikan mereka secara professional dimana sekecil apapun sumbangsih yang telah mereka lakukan, kita harus hargai. Sebab keikhlasan me­reka dalam melaksanakan tugas dan pengabdian, merupakan prestasi mereka sebagai kader yang sukarela mendorong ma­syarakat yang ada diling­kungannya,” ungkapnya.

Katanya, Dasawisma merupakan ujung tombak terdepan dalam pelak­sa­na­an berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan keluarga dan lingkungan. Dasawisma memiliki peran dan peluang yang sangat besar untuk mewujudkan keluarga sehat dan mandiri, sehingga setiap Ketua kelompok, harus mem­persiapkan diri dengan lebih professional terutama dalam hal penyediaan gizi yang seimbang dan pendidikan yang baik serta terencana dalam penataan ling­kungan yang baik.

“Masuk lima besar pa­da lomba dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar membuktikan bahwa dasawisma kamboja III telah melakukan yang terbaik selama ini kepada masyarakat disekitarnya. Dasawisma kamboja III mempunyai warung hidup yang tumbuh dengan subur dan dikelola dengan sebaik mungkin. Tidak hanya itu, dasawisma kamboja III mempunyai administrasi yan rapi dan mempunyai inovasi terkait minuman daun kelor yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Ini merupakan salah satu kelebihan yang kita miliki sehingga besar harapan kita, Kota Pariaman melalui dasawisma kamboja III mampu me­raih yang terbaik, “ tam­bah­nya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai lomba dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar, Ny. Fitria Amelia Joinaldy mengatakan  setiap tahunnya, Kota Pa­riaman tetap terpilih men­jadi lima besar pada lom­ba dasawisma ber­pres­­tasi tingkat Provinsi Sumbar yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Prestasi yang diraih Kota Pariaman melalui kader dasawisma yang aktif dan kreatif telah menunjukkan bahwa Pemko Pariaman dan TP-PKK Kota Pariaman selalu aktif da­lam membina dan membimbing kader – kadernya, “ ungkapnya.

Panilaian dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar diawali dengan temu Ketua Dasawisma berperstasi se Sumatera Barat pada 2 Februari yang lalu. Penilaian selanjutnay dilakukan pada laporan kegiatan dasawisma, penilaian tertulis kompetensi dasar Ketua Dasawisma dan penilaian ekspose oleh Ke­tua Dasawisma ber­pres­tasi.

“Untuk memferivikasi penilaian lapangan, kami tim penilai langsung melihat seperti apa Ketua kelompok dasawisma Kamboja III Siti Raufah membina anggota dasawisma sehingga mampu mewakili Kota Pariaman ketingkat provinsi. Tujuan lainnya adalah untuk menggali informasi dari anggota kelompok da­sa­wisma mengenai tugas yang dijalankan baik dalam pencatatan hingga pelaksanaan 10 program pokok PKK di tengah masyarakat, “ tambahnya.

“Terakhir kami mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman dan TP-PKK Kota Pariaman yang telah membina kader – kader dengan sangat baik. Selamat kepada Da­sa­wisma Kamboja III telah masuk 5 (lima) besar pada lomba ini, semoga mampu meraih prestasi terbaik sehingga nantinya akan dinobatkan menjadi Duta Dasa­wisma Provinsi Sumatera Barat pada Bulan Bakti Dasawisma yang akan dilaksanakan di Kabupaten Damasraya, “ tutup­nya.­(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top