Menu

Dasa Wisma Miliki Peran Strategis

  Dibaca : 59 kali
Dasa Wisma Miliki Peran Strategis
PEMBUKAAN— Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang pembukaan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong.

PADANGPARIAMAN, METRO
Wakil Bupati Padangpariaman Rhmang menghadiri acara pencanangan bulan bhakti dasa wisma dan BBGRM sekaligus sertijab Ketua TP-PKK Padangpariaman. Rahmang menyatakan pelaksanaan acara ini merupakan tindak lanjut program kegiatan PKK,” kata Wakil Bupati Rahmang, kemarin, usai menghadiri acara Pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan serah terima jabatan Ketua TP-PKK.

Rahmang mengatakan Pelaksanaan Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021 merupakan tindak lanjut program atau kegiatan Tim Penggerak PKK baik dari tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten / Kota bertujuan untuk menggelorakan terus menerus semangat dan motivasi kerja bagi pengurus dasa wisma dan juga dalam rangka melestarikan jiwa semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat, dimana nilai dan gotong royong ini salah satu aset dan jati diri masyarakat Indonesia umumnya dan khususnya kita Kabupaten Padangpariaman.

“Dasa Wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dan strategis, dalam melaksanakan dan menyukseskan 10 program Pokok PKK di Nagari yang pada akhirnya berpengaruh pada Pencapaian Program kegiatan Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan maupun Kabupaten, oleh karena itu Kelompok Dasawisma dapat dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan program kegiatan Tim Penggerak PKK baik di Tingkat Kecamatan maupun Kabupaten,” ujarnya.

Oleh karena itu katanya, keberadaan dan fungsi Kelompok Dasa Wisma dan kader PKK sangatlah strategis dalam upaya memberdayakan Masyarakat, yang dimulai dari memberdayakan diri sendiri, memberdayakan keluarga dan memberdayakan masyarakat, yang pada akhirnya akan menciptakan kontribusi. baik lansung maupun tidak lansung dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan.

Pria yang pernah mendapat pengharagaan sebagai camat teladan ini juga mengatakan pembangunan saat ini lebih menitik beratkan pada keterlibatan langsung masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan mengawasi pembangunan itu sendiri, dan dengan adanya dana desa juga memberikan peluang yang besar bagi kita semua, tidak terkecuali dengan Program Pokok PKK, dimana sesuai dengan prioritas Penggunaan Dana desa yaitu dibidang Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat, maka PKK melalui Kelompok Dasawismanya juga dapat berbuat lebih dengan melahirkan kegiatan – kegiatan yang produktif dan inovatif dalam rangka mendorong pemberdayaan keluarga di wilayah nagari masing–masing.

“Komitmen untuk membangun nagari haruslah tetap kita tingkatkan, dalam rangka mencapai hasil yang maksimal, kita bersama percaya bahwa untuk mencapai sasaran yang kita inginkan dari berbagai program pembangunan haruslah mengacu kepada keberpihakan kepada masyarakat, transparansi, akuntabel, partisipatif aktif baik jajaran pemerintah, swasta dan masyarakat, kompetisi sehat, memilih sesuatu yang menjadi prioritas, desentralisasi yang artinya masyarakat memiliki hak dan tanggung jawab yang luas dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Selanjutnya sesuai dengan laporan panitia penyelenggara Pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma dan BBGRM XVIII Tingkat Kabupaten Padangpariaman tahun 2021 tadi, bahwa tema pencanangan tahun ini ‘‘Melalui bulan bakhti dasa wisma dan Bulan Bakhti Gotong Royong masyarakat kita efektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan hatinya PKK di Dasawisma,” ujarnya.

Maka perlu dari waktu kewaktu kita tingkatkan kewaspadaan diri, jangan sampai lengah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, yaitu 3 M, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, memakai masker. Ia juga mengajak agar pencanangan bulan bhakti Dasa Wisma dan BBGRM menjadi sebagai pendongkrak dalam mengatasi stunting di Kabupaten Padangpariaman.

Senada dengan itu Ketua TP-PKK Kabupaten Padangpariaman Nyonya Yusrita Suhatri Bur mengatakan dengan telah selesainya jabatan ketua TP-PKK yang lama kepada yang baru maka ia mengharapkan agar para pengurus TP-PKK lebih baik dan aktif dari sebelumnya.

“Dukungan dari camat dan wali nagari merupakan hal yang penting untuk mendukung dan demi kemajuan semua kegiatan TP-PKK sehingga untuk mewujudkan semua kegiatan TP-PKK tersebut maka juga dibutuhkan dasawisma sampai ke korong-korong,”ungkapnya.

Katanya, Dasawisma adalah ujung tombak PKK yang terdiri dari kelompok ibu-ibu dari 10 kepala keluarga atau lebih yang bertetangga yang dibentuk dalam rangka mempermudah jalannya suatu program, pengumpulan dana, data kuisioner serta tata tertib admininstrasi.

“Kegiatan utama dasawisma diarahakan pada usaha peningkata kesehatan keluarga, arisan PKK, pembuatan jamban, sumur, pengembangan dana sehat, pengobatan penyamit ringan dan membangun sarana pembungan sampah dan kotoran,” terangnya
Ia juga menambahkan dalam menjalankan program TP-PKK juga dibutuhkan bimbingan dari unsur forkopimda dalam menjalankan kegiatan dasawisma. Tema kegiatan ini yakninya melalui bulan bakti dasawisma dan BBGRM kita efekrifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan hatinya PKK di Dasawisma dimana tema ini sangat komplit serta dibutuhkan gencarnya untuk sosialisasi tentang protokol kesehatan ditengah pandemi sekarang ini untuk mengaktifkan dasawisma tersebur maka ia akan turun langsung ke lapanga pada minggu keempat dibulan Maret.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional