Close

Dari FE Menuju FEB: Makna dan Tantangan

Verinita

Oleh : Verinita Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Perubahan nama  Fakultas Ekonomi Unand menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand sejak tanggal 25 April 2022 bermakna spesial karena pa­da  tahun ini  pula Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Unand tepat berusia 65 tahun pada tanggal 19 September 2022 mendatang. Tentu ini menjadi momentum yang sangat penting bahwa di usia 65 tahun, FEB Unand  menjadi institusi pendidikan terkemuka  yang matang dan adaptif menghadapi perubahan lingkungan yang cepat dan masiv.

 Transformasi  perubahan nama FE menjadi FEB Unand  merefleksikan beberapa hal yang menjadi titik penting bagi FEB U­nand. Yang pertama a­dalah perubahan ini  menjawab adanya  perubahan lingkungan  eksternal  se­perti  dari tuntutan stakeholder yaitu  users, DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri)  dan teknologi yang berkembang tanpa batas dan sangat cepat. Kedua, perubahan nama menjadi FEB mengindikasikan bahwa FEB Unand  telah bereputasi Internasional dan unggul yang telah meraih akreditasi FIBAA untuk ke tiga departemen nya yaitu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.

Sungguh ini menjadi prestasi yang membanggakan dan akan mening­katkan kompetensi lulusan kita  yang akan mampu bersiang secara gobal dan menuju internasionalisasi. Ke tiga, perubahan nama FE menjadi FEB Unand ini menjadi upaya yang stra­tegis untuk  selalu melakukan peningkatan kualitas  tanpa henti di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga dapat  meningkatkan competitive advantages semua  civitas akademika Unand  baik di tingkat nasional maupun  internasional.

Bagi Fakultas Eko­no­mi dan Bisnis Unand yang berada di  kampus Payakumbuh  transformasi ini  menjadi momen penting untuk melangkah lebih cepat  mengikuti “kakak kandungnya” FEB Unand kampus Limau Manih Pa­dang dalam  meningkatkan kompetensi  dan akre­­ditasi di masa yang akan datang. Tentu saja membutuhkan  komitmen  yang tinggi  untuk ber­kolaborasi dan bersinergi di masa yang akan datang menuju akselerasi. Bravo FEB,  ja­yalah U­nand, untuk kedjajaan bangsa.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top