Close

Dari Awal Tanggap Darurat hingga Masa Transisi, ACT Terus Salurkan Bantuan Korban Gempa di Kabupaten Pasaman Barat

SALURKAN BANTUAN— Bupati Pasaman Barat Hamsuardi berfoto bersama usai menerima bantuan logistik dari ACT, Senin (14/3).

PASBAR,METRO–Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali memberikan bantuan logistik untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Bantuan tahap kedua dari ACT ini mencapai 10 truk logistik dengan total senilai Rp1,5 miliar, yang diterima langsung oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi menerima secara simbolis bantuan logistik tersebut, di rumah dinas bupati Pasbar, Senin (14/3).

Bupati Hamsuardi me­nyampaikan ucapan terimakasih kepada ACT, dia mengatakan bantuan yang diberikan oleh ACT dapat meringankan beban ma­syarakat dalam meng­ha­dapai bencana gempa.

“Dari awal bencana gempa Pasbar kehadiran ACT sudah menunjukkan kepedulian kepada korban gempa dan membantu pemerintah daerah dalam upaya percepatan pemulihan. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk ACT,” kata Hamsuardi.

Logistik yang dibawa oleh ACT merupakan donasi dari berbagai pihak atau lembaga yang bekerja de­ngan ACT. Termasuk di dalamnya Raja Kabuntaran Talu Tuanku Bosa ke XV Ir. H. Jhonny ZA. MM. SI.

“Saat ini kami memasuki masa transisi atau Pemulihan korban gempa. Kendala yang dihadapi saat adalah untuk membuat pondok transisi atau pondok masa pemu­li­han, ”katanya.

Untuk pembuatan Hun­tara sendiri, lanjutnya ada ukuran tertentu untuk pondok transisi. Hanya ada ruang tempat tidur, tempat meletakkan barang dan memasak.

“Pondok transisi inilah yang kita butuhkan saat ini. Bukan berarti bantuan yang lainnya tidak kita butuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, Agusriadi staf bagian komunikasi ACT mengatakan , jika Aksi Cepat Tanggap adalah organisasi nirlaba profesio­nal yang memfokuskan kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan ben­cana mulai fase darurat sampai dengan fase pemulihan pasca-bencana. Organisasi ini pertama kali melakukan aksinya sejak tahun 1994 di Liwa, Lampung Barat dalam merespons bencana gempa bumi.

“Hari ini kami hadir di Pasbar  untuk terus membantu masyarakat yang terdampak gempa bumi dengan memberikan bantuan logistik. Selain itu, dapur umum kami sudah ada semenjak dari awal gempa hingga sekarang. Dapur umum ini Insya Allah besok sudah berakhir,” katanya. (end)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top