Close

Dapatkan Data Akurat, Kadis PPKB Jalankan Kopi Darat

FOTO BERSAMA— Kadis PPKB Aspinuddin berfoto bersama usai melaksanakan sosialisasi. (efa nurza/posmetro)

PDG.PARIAMAN, METRO – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Padangpariaman dr. H. Aspinuddin Darab menyatakan dalam menjalankan program dinasnya perlu ada Komprehensif Online Penyajian Data Akurat (Kopi Darat ).

”Karena itu Dinas PPKB Padangpariaman telah meluncurkan sebuah aplikasi kopi darat untuk mendapatkan data yang akurat, sehingga terujud keluarga yang sehat dalam segala bidang di Kabupaten Padangpariaman,” kata Kepala Dinas Pengenedalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Padangpariaman dr. H. Aspinuddin Darab serta Sekretarisnya Rudi, usai membuka acara sosialisasi aplikasi Kopi Darat.

Bertindak sebagai narasumber dengan Kepala Dinas Dukcapilceria Padangpariaman Muhammad Fadhly. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kabid, Kasi, staf Dinas Ppkb Padangpariaman serta PKB, PLKB, Staf Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan dan kader KB se Kabupaten Padangpariaman.

Kopi Darat, ini bukan sembarang kopi tapi Kopi Darat merupakan sebuah inovasi yang di gagas oleh Dinas PPKB Kabupaten Padang Pariaman bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pemanfaatan data kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Fadhly, beliau menjelaskan bahwa data kependudukan diintergrasikan kedalam aplikasi KOPI DARAT dengan tujuan untuk memperoleh data seperti pasangan usia subur, Ibu hamil, Peserta KB dg berbagai macam seperti suntik, IUD, pil dan kondom.”.

Tidak hanya itu aplikasi Kopi Darat juga terdapat layanan pengajukan pemasangan alat kontrasepsi kepada Dinas PPKB, pengaduan dan keluhan peserta KB dan masyarakat, serta konsultasi remaja, hal ini cukup dengan menginputkan NIK Penduduk.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut, Kadisdukcapil Muhammad Fadhly menyampaikan “hal-hal tentang pembangunan database kependudukan yang berkualitas dan telah bias dimanfaatkan untuk layanan publik berbasis aplikasi.

Katanya, data kependudukan akan mendukung terwujudnya pelayanan yang mudah dan cepat di Kabupaten Padangpariaman dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera dalam segala bidang pembangunan.

”Jalan kita menuju kabupaten Smart City semakin lebar dengan membangun sarana sarana pelayanan mulai dari aplikasi, membangun SDM TI dan masyarakat yang famiar dg TI dan terus mengembangkan inovasi dalam layanan public. Aplikasi kopi darat diharapkan digunakan oleh semua stakeholder dinas PPKB, sehingga akan memudahkan pelayanan publik di Padangpariaman,” ujarnya.

Sebelumnya, Forum Duta GenRe Kabupaten Padangpariaman menjual takjil dari rumah kerumah dan dibeberapa instansi yang ada di Kabupaten dan Kota Pariaman.

“Allhamdulillah hasil dari penjualan takjil ini akan disumbangkan kepada Diva, Penderita kanker tulang di Kecamatan Lubuk Alung dan Keluarga Pak Cik Riono yang mempunyai 2 orang anak dengan keterbelakangan mental di Kecamatan Batang Anai,” tambah Aspinuddin. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top