Menu

Danlantamal II Padang Bakal Dilewakan jadi Datuk, Laksma TNI Hargianto Bergelar Datuk Bagindo Malano Nan Hitam

  Dibaca : 163 kali
Danlantamal II Padang Bakal Dilewakan jadi Datuk, Laksma TNI Hargianto Bergelar Datuk Bagindo Malano Nan Hitam
Laksamana Pertama TNI Hargianto (Danlantamal II Padang).

PADANG, METRO–Datak di Minangkabau ada­lah gelar adat yang di­berikan kepada se­seorang melalui kese­pakatan suatu kaum atau suku yang ada di wilayah Minang­ka­bau Provinsi Su­ma­tra Barat yang se­lanjutnya disetujui sampai ke tingkat rapat adat oleh pa­ra tokoh pemuka adat setempat Ke­rapatan Adat Na­gari atau KAN.

Di tengah kaum atau suku yang disiapkan untuk me­mang­ku Datak, jelas mereka yang di tinggikan saran­ting, di dahulukan selangkah, bak ba­tang kayu gadang, daunyo rimbun bi­sa untuk bataduah, batangnya kuat bi­sa di pasanda, pai tampek batanyo pulang untuak ka­ba barito.

“Insya Allah,  Minggu 29 Agustus 2021, acara yang ditunggu tunggu oleh Lak­samana Pertama TNI Har­gianto yang kini menjabat Komandan Pangkalan Uta­ma TNI AL (Danlantamal II Padang), akan digelar,” ujar Danlantamal II Lak­samana Pertama TNI Har­gianto, melalui Kadispen Lantamal II, Mayor Laut (T) Syahrul kepada POS­METRO.

Diketahui, Laksamana Pertama TNI Hargianto, merupakan jebolan Aka­demi Angkatan Laut (AAL)-32  Tahun 1987, memiliki segudang prestasi di mili­ter khuusunya di Angkatan laut yakni   DIKLAPA-II/KOUM ANGK-10 Thn.1996/1997. S-2 Strategi Perang Semesta, UNHA-BGR Ta­hun 2014 dan Sertifikasi Auditor Muda 2018.

Bahkan   putra asli  da­erah Jorong Cingkariang, Kanagarian Cingkariang, Kabupaten Agam, akan diberikan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hi­tam. Anto panggilan akrab jen­deral bintang satu ini, me­rupakan sosok yang cukup dikenal dekat de­ngan se­mua lapisan ma­sya­rakat.

Sudah saatnya anak  dari pasangan ibu Hj Darnis (almarhumah) dan Bapak H. Bahar Sutan Baheram (almarhum), untuk me­ngab­di lagi ke keluarga be­sar pasukuan, menjadi “ba­tang kayu gadang”.

Acara yang akan dige­lar dengan berbagai pro­sesi adat, tentunya sudah disiapkan oleh panitia jauh-jauh hari sebelumnya, se­hingga nantinya dapat ber­jalan dengan lancar dan sukses dengan penerapan pro­tokol kesehatan (pro­kes) yang ketat.

“Di harapkan acara ini dapat berlangsung dengan lancar dan sukses,” harap Mayor Laut (T) Syahrul.

Informasinya, acara ini juga akan dihadiri berbagai undangan dari For­kom­pinda Provinsi Suma­tera Barat, berbagai pejabat pemerintah kabupaten dan kota di wilayah Sumbar. Juga di hadiri dari berbagai tokoh adat dan nagari, tokoh masyarakat serta tokoh agama. Kegiatan baralek gadang ini, dilak­sanakan dengan Protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. (ped)   

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional