Close

Dana Belum Cair, Pertandingan Sudah Dekat, Andre Rosiade Bantu Atlet Paralimpik Sumbar

BANTUAN UNTUK ATLET— Pengurus Gerindra Sumbar Nurhaida menyerahkan bantuan dari Andre Rosiade untuk atlet Perpanas Sumbar yang akan berangkat ke Papua.

 TABING, METRO–Belum kunjung cairnya dana untuk para atlet Paralimpik Sumbar yang akan berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Pe­par­nas) ke XVI di Papua tahun 2021, 2-14 November menda­tang membuat para atlet galau. Bahkan, untuk memenuhi kebu­tuhan selama latihan saja me­reka kesulitan.

 Salah seorang atlet tolak peluru Sumbar, Abraham Ismed (28) menyebutkan, saat ini mereka benar-benar menunggu pen­cai­ran dana dari Pemprov Sum­bar untuk persiapan dan berangkat ke Papua. Karena, Perpanas akan digelar setelah selesainya gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Pa­pua yang sedang berlang­sung.

“Atlet yang akan be­rangkat 45 orang, yang tinggal dan berlatih di Kan­tor National Paralympic Committee (NPC) Kota Pa­dang ini ada 23 orang. Se­lebihnya berpencar di ru­mah mereka masing-ma­sing di Kota Padang,” kata Abraham Ismed saat di­kun­jungi pengurus DPD Partai Gerakan Indonesia (Gerindra) Sumbar di Kan­tor NPC Kota Padang, Jalan Garuda, Kompleks Sem­bada Indah, Parupuk Ta­bing, Kototangah.

Saat berlaga di Per­pa­nas Jawa Barat (Jabar) 2016 lalu, kata Abraham, Sumbar mendapat 7 medali dan dua di antaranya emas. Sementara 2021 ini mereka menargetkan 9 medali, terutama dari ca­bang catur, angkat berat dan atletik. “Atlet peraih emas 2016 kembali kami turunkan,” kata Abraham yang juga Ketua NPC Kota Padang ini.

Karena belum kunjung cairnya dana, kata Abra­ham, Ketua NPC Sumbar Arizal Aries dan kawan-kawan terus bertanya ke Dinas Pemuda dan Olah­raga (Dispora) Sumbar. “Sayang, sampai hari ini belum ada tanda-tanda pencairan. Sudah banyak yang memakai dana pri­badi dan juga meng­gadai­kan barang atau kenda­raan untuk berlatih,” kata Abraham yang mewakili Tim Perpanas Sumbar me­ne­rima bantuan dari ang­gota DPR RI Andre Rosia­de.

Hari itu, Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nur­haida, Zulkifli (wakil se­kretaris) dan Rina Shintya (wakil bendahara) mengan­tar­kan bantuan spontan dari Andre yang juga ketua DPD Gerindra Sumbar Rp10 juta untuk latihan bagi para atlet. Andre men­dapatkan in­formasi dari beberapa to­koh olahraga Sumbar dan langsung mem­berikan res­pon.

“Terima kasih kepada pak Andre Rosiade dan tim yang telah memberikan dukungan kepada para at­let Perpanas Sumbar. Se­moga ini bisa menjadi tam­bahan bagi kami dalam per­siapan, jelang dicair­kannya dana dari Dispora Sumbar. Karena, waktu sudah semakin dekat,” kata Abraham didampingi belasan atlet lainnya.

Andre Rosiade menga­ku prihatin dengan kondisi atlet Perpanas Sumbar yang sampai hari ini belum mendapatkan pencairan dana. “Kami berharap, Pem­­prov Sumbar melalui Dis­­pora segera mencair­kan anggaran para atlet Paralimpik Sumbar. Kami akan minta Fraksi Gerindra Sumbar juga mem­per­ta­nya­kan hal ini, agar per­siapan atlet lebih baik,” kata Andre Rosiade.

Sebelumnya, atlet paralimpik Sumbar yang dipersiapkan untuk Pe­parnas 2021 mendatangi Kan­tor Dispora Sumbar, Selasa (28/9). Mereka me­nge­luhkan tiadanya dana untuk pemusatan latihan (TC) jelang Peparnas 2021 yang digelar di Papua.

Kepala Dispora Sum­bar, Dedy Diantolani me­ngakui saat ini anggaran untuk atlet paralimpik yang dipersiapkan untuk Pepar­nas 2021 Papua belum cair. “Anggarannya ada Rp2,5 miliar masih belum cair. Anggaran itu ada di APBD Perubahan. Jadi mungkin cair sebelum keberang­ka­tan ke Papua,” kata Dedy. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top