Close

Dampingi Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Benny Utama : Ikan Air Tawar Ikon Andalan Masyarakat

TINJAU PEMBANGUNAN-Bupati Pasaman Benny Utama Bersama Dirjen Perikanan Budidaya (PB) TB Haeru Rahayu beserta rombongan saat meninjau pembangunan pabrik pakan ikan di Pasaman.

KEHADIRAN Direktur Jenderal (Dirjen)  Perikanan Budidaya (PB) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) TB haeru Rahayu bersama rombo­ngan di Kabupaten Pasaman disambut hangat o­leh Bupati Pasaman Benny Utama.

Diketahui, kunjungan Dirjen bersama rombo­ngan di Pasaman yakni untuk melihat langsung pem­bangunan pabrik pakan ikan yang terletak di Kampung Beringin Kecamatan Rao Selatan Pasaman.

Bupati Pasaman Benny Utama mengatakan, de­ngan hadirnya Dirjen Perikanan Budidaya (PB) di Pasaman tentunya menjadi motivasi bagi para pe­tani ikan di Pasaman untuk lebih serius mengembangkan budidaya ikan air tawar tersebut.

Dimana kata Bupati, ikan tawar merupakan salah satu ikon andalan masyarakat Pasaman, tentunya sektor ini dapat mendorong perekonomian masyarakat Pasaman secara umum dan petani ikan secara khusus.

Benny Utama berha­rap dengan selesainya pembangunan pabrik pakan ikan ini nantinya akan dapat memproduksi pakan ikan yang bisa memenuhi kebutuhan lokal dengan harga yang ter­jang­kau dan dapat dipa­sarkan ke daerah luar Pasaman.

Dijelaskan Bupati, Ka­bupaten Pasaman dengan Luas kolam perikanannya mencapai seluas lebih kurang  4494 hektar de­ngan produksi ikan pertahun berkisar 58 ribu ton, tentunya sangat membutuhkan pakan yang cukup memiliki kualitas yang tinggi serta harganya terjangkau sehingga dapat mendorong peningkatan produksi ikan.

Sementara itu  Dirjen PB (Perikanan Budidaya) TB haeru Rahayu  menyebutkan, dari sekian ba­nyak kampung perikanan di Indonesia. Kabupaten Pa­saman mendapat giliran pertama untuk pencana­ngan kampung perikanan Nasional.

Ketertarikan kementrian Kelautan dan perika­nan terhadap Kabupaten Pasaman terlihat dari pu­taran pemasaran ikan yang cukup signifikan di daerah ini yakni berkisar 1.3 triliyun pertahun.

Dengan adanya pembangunan  pabrik pakan ikan bersekala medium nantinya di Pasaman tentunya akan dapat mendo­rong peningkatan produksi perikanan di Pasaman dan meningkatkan pere­konomian masyarakat khsususnya petani ikan.

“Kita berharap bapak-bapak para petani ikan tetap sehat dan semangat dalam mengembangkan budidaya ikan tawar ini,” tutup Rahayu. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top