Menu

Dambakan Kaum Generasi Religius, Sungai Batang Geliatkan Pendidikan Surau

  Dibaca : 188 kali
Dambakan Kaum Generasi Religius, Sungai Batang Geliatkan Pendidikan Surau
BABALIK KA SURAU— Sungai Batang kembali menggeliatkan pendidikan surau atau babalik ka surau untuk melahirkan generasi muda yang agamis.

AGAM, METRO
Sejumlah elemen masyarakat di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya kembali menggeliatkan pendidikan berbasis surau. Program babaliak ka surau itu, merupakan salah satu usaha melahirkan kaum muda yang Islami.

“Di Nagari Sungai Bantang ini, kita mengenal sejumlah tokoh dan ulama besar, seperti Abdul Karim Amrullah atau Inyiak DeEr, juga ada Buya Hamka, nah kita berharap kaum muda masa kini dapat mencontoh aqidah dah karakter ulama-ulama tersebut,” ujar Ketua Komunitas Pemuda Generasi Hamka (KPGH) Tanjung Raya, Rudi Yudistira, Minggu (13/12).

Rudi menuturkan, untuk membangkitkan kembali nilai-nilai religius di tengah masyarakat, khususnya kaum muda, elemen masyarakat di Nagari Sungai Batang merancang program pendidikan surau, Sabtu-Minggu (12-13/12).

“KPGH bersama Jorong Batung Panjang, melalui binaan Camat Tanjung Raya, Pak Handria Asmi, membuat program pendidikan surau, kami berharap ini menjadi awal kebangkitan pemuda Sungai Batang yang Islami,” ucap Rudi.

Agar berjalan maksimal, program pendidikan surau tersebut merangkul sejumlah lembaga pendidikan Islam setempat, seperti MTs Muhammadiyah Sungai Batang, TPA/MDA. Selain itu, seluruh masyarakat Batung Panjang juga dilibatkan. “Peserta sebanyak 30 orang pelajar MTsS, di mana hari ini bergabung dalam kegiatan didikan subuh gabungan bersama anak TPA/MDA,” sebut Rudi.

Program pendidikan surau menghadirkan narasumber seperti Angku Yus Bandaro Bodi atau Angku Yus Datuak Parpatih Guguk, Sejarawan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Ustadz Dasri, Sejarawan Islam, Rudi Yudistira, guru silat Ayub Sutan Sati dan Adri Sutan Siri.

Dijelaskan, program pendidikan surau berawal dari diskusi lanjutan Camat Tanjung Raya, Handria Asmi bersama Kasi Tata Pemerintahan Tanjung Raya, Bayu Wiranata dan Ketua KPGH.

Program pendidikan surau memiliki misi, bagaimana menjadikan kampung Buya Hamka benar-benar kembali hidup religius dan Islami seperti cita-cita Inyiak Rasul dan Buya Hamka di Kampung halamannya. “Selanjutnya menggali dan mengapungkan potensi hebat yang masih terpendam jauh di diri dan jiwa masyarakat. Karena dasar pondasi telah dibangun utuh oleh ulama besar, Buya Hamka beserta nenek moyangnya,” jelas Rudi.

“Berbagai pelajaran dan peninggalan berupa buku serta catatan lainnya, menjadi sumber hebat yang harus dipelajari, dipahami hingga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Rudi.

Sementara itu, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi dalam sambutannya mengapresiasi program pendidikan surau yang digelar di Nagari Sungai Batang itu. Pihaknya berharap generasi muda setempat bisa menjadi generasi yang berkatakter Islami.

“Kita bangga, telah bisa membina dan merintis pergerakan yang mempelopori kebangkitan pemuda Sungai Batang dalam meningkatkan gelora islami, dengan harapan generasi penerus dapat menjadi lebih berkarakter islami,” ucap Handria.

Ditambahkan, pendidikan surau merupakan sebuah program yang mencoba mengadopsi pola-pola surau tempo dulu. Meski zaman tidak bisa kembali seperti masa lalu, imbuhnya, namun nilai-nilai positif dan kelebihan pendidikan surau tempo dulu dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Disebutkan, sejumlah pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan surau antara lain, Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya, KPGH Tanjung Raya, Pemerintah Kenagarian Sungai Batang, MTsS Muhammadiyah Sungai Batang, Pengurus dan Guru TPA/MDA Batung Panjang, Pengurus Masjid Inyiak DR, Pemuda Muhammadiyah Ranting Batung Panjang, Aisiyah Ranting Batung Panjang.

“Program ini juga didukung oleh niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, pemuda -pemudi, Fajril Dt. Mangkuto Nan Basa, Jorong Batung Panjang, Fitra Katik Rajo Mudo, Ketua Madani Sungai Batang,” sebut Handria. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional