Menu

Dalam Tahap Harmonisasi Pemko Sawahlunto Ajukan Lima Ranperda

  Dibaca : 103 kali
Dalam Tahap Harmonisasi Pemko Sawahlunto Ajukan Lima Ranperda
INdra Mulyono

SAWAHLUNTO, METRO
Pemko Sawahlunto mengajukan usulan 5 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pada tahun 2021 ini. Ranprda tersebut dibuat untuk melaksakan peraturan perundang undangan yang lebih tinggi.

Lima usulan Ranperda tersebut terdiri dari Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Industri Kota Sawahlunto yang diusulkan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perindustrian dan Perdagangan. Kedua, Ranperda Tentang pengelolaan keuangan daerah diusulkan Dinas Badan Pengelolaan Keuangan Daerah ( BPKAD) Kota Sawahlunto.

Selanjutnya, ketiga Ranperda Tentang Perubahan Atas Perda nomor 14 Tahun 2016 Tentang pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah diusulkan Bagian Organisasi Setdako Kota Sawahlunto.

Keempat Ranperda Tentang Kota Layak Anak diajukan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Sawahlunto.

“Sedangkan yang kelima Ranperda Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan diajukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto,” kata Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto Indra Mulyono,kemarin.

Indra mengatakan, kelima Renperda tersebut kini tengah dalam tahap harmonisasi bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Sumbar di Padang. Proses pengharmonisasian yang merupakan salah satu dari rangkaian proses pembentukan peraturan perundang-undangan.

Hal ini juga dimaksud agar tidak terjadi atau mengurangi tumpang tindih dari peraturan perundang-undang, termasuk peraturan daerah.

”Kita tidak dalam posisi siapa yang punya kewenangan, tapi bagaimana antara Kanwil dengan jajaran Pemko melaksanakan ketentuan undang-undang,” ujarnya.

Katanya, sejak tahun 2020 setiap usulan Ranperda harus melalui tahap harmonisasi. Pengharmonisasian ini dilakukan oleh kementerian yang menangani hukum dan HAM sesuai dengan undang-undang. (*/pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional