Menu

DAK Pasaman untuk Pembangunan Fisik Rp 35,8 Miliar

  Dibaca : 413 kali
DAK Pasaman untuk Pembangunan Fisik Rp 35,8 Miliar
Ilustrasi

PASAMAN, METRO
Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Pasaman mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sekitar Rp 35,8 Miliar. Dana miliaran rupiah itu diperuntukkan untuk beberapa kegiatan fisik termasuk peningkatan jalan, pembangunan sarana irigasi, serta pembangunan sanitasi yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas PUTR Pasaman, Agusti Awizar mengatakan, dibanding tahun sebelumnya, DAK tahun 2021 ini mengalami peningkatan. Dimana tahun 2020 lalu DAK di Dinas PU Pasaman hanya memperoleh anggaran Rp 23 miliar. Namun, tahun ini mendapatkan Rp 35,8 miliar.

“Dana DAK itu kita peruntukan pada pemeliharaan berkala jalan Gunung Manahan-Sopo Duo Kecamatan Rao Utara dengan anggaran Rp 8,7 miliar. Selanjutnya, peningkatan jalan Ulu Layang-Muaro Sungai Lolo kecamatan Mapattunggul Selatan dengan anggaran sebesar Rp 14,5 miliar,” kata Agusti.

Sementara itu, untuk kegiatan DAK di bidang sanitasi di tahun ini Dinas PU Pasaman direncanakan melaksanakan pembangunan tangki septik skala individual pedesaan minimal untuk 50 kepala keluarga (KK) dengan anggaran Rp 4,9 miliar.

“DAK sanitasi ini anggarannya juga naik dibanding tahun 2020 yang hanya sebesar Rp 2,5 miliar,” jelas dia.

Di samping itu, untuk DAK Air minum seperti kegiatan pengembangan jaringan perpipaan anggarannya Rp 5 miliar. Kegiatan pengembangan jaringan perpipaan tersebut juga kata dia, mengalami peningkatan dimana tahun 2020 lalu sebesar Rp 2,5 miliar.

Kemudian, kegiatan DAK 2021 di Bidang Pengairan anggarannya Rp 2,745 miliar, dengan jumlah kegiatan sebanyak 5 paket meliputi, rehabilitasi jaringan irigasi DJ Bandar Karambia Kecamatan Simpati sebesar Rp 500 juta.

Rehabilitasi jaringan irigasi Bandar Kilangan Kecamatan Tigonagari dengan anggaran Rp 800 juta, rehabilitasi jaringan irigasi DJ Bandar Kulah Kecamatan Duo Koto sebesar Rp 645 juta, rehabilitasi jaringan irigasi DJ Batang Pamikin Kecamatan Lubuksikaping Rp 500 juta, serta rehabilitasi jaringan irigasi DJ Sungai Landai Kecamatan Lubuksikaping dengan anggaran Rp 299 juta.

“Tahun 2020 lalu, anggaran DAK bidang pengairan itu hanya sebesar Rp 1,6 miliar. Naik sekitar Rp 1 miliar di tahun 2021 ini,” jelas Agusti.

Lebih jauh, Agusti Awizar menerangkan, seluruh kegiatan DAK tahun 2021 di Dinas PUTR Pasaman ini, perencaannya sudah selesai.

“Saat ini kita tinggal menunggu proses persiapan lelang di LPSE Kabupaten Pasaman. Kita berharap, seluruh kegiatan DAK tahun ini ditenderkan segera, sehingga kedepan tidak terjadi pemotongan anggaran dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional