Menu

Dahler Pimpin Ketua LKAAM Sawahlunto

  Dibaca : 130 kali
Dahler Pimpin Ketua LKAAM Sawahlunto
TERPILIH— Dahler Djamaris Dt Panghulu Sati terpilih dalam musyawarah mufakat menjadi Ketua LKAAM Sawahlunto. (ist)

SAWAHLUNTO, METRO – Tokoh adat, Ir Dahler Djamaris Dt Panghulu Sati MSc, terpilih secara musyawarah mufakat menjadi Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Sawahlunto periode (2019 – 2024) dalam Musyawarah Daerah (Musda) V LKAAM di gedung PTBA Sawahlunto, Selasa (1/10/2019).

Pascaterpilih Dahler mengatakan, untuk seluruh niniak mamak Kota Sawahlunto selalu bergandengan tangan dengan erat, menyamakan persepsi dan mengayunkan langkah bersama-sama. “Untuk itu apa yang diharapkan nanti seperti mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah didalam keluarga Kota Sawahlunto sehingga terbentuklah sebuah organisasi ‘batanggo naik, bajanjang turun’ sesuai AD/ART yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Berdasarkan peran dari LKAAM untuk kemajuan Kota Sawahlunto Dahler menyebutkan, LKAAM sangat berperan untuk kemajuan Kota Sawahlunto, walaupun sudah ditetapkan menjadi Warisan Dunia ‘Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto’. .Namun warih nan bajawek’ dari kami niniak mamak bahwa tanah ulayat belum diserahkan terimakan sedikitpun kepada Belanda tapi memberikan kesempatan untuk bekerjasama.

“Kami akan mendukung sepenuhnya Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mewujudkan Sawahlunto menjadi Kota warisan tambang batubara Ombilin dengan tidak mengeyampingkan hukum-hukum Adat selain hukum Agraria dan lain sebagainya,” ucap Dahler.

Khusus untuk tambang PT.BA yang hanya berada di Nagari Kubang, Kolok dan Sijantang disebutkan, sudah mengadakan sosialisasi, namun untuk mendapatkan kesepakatan memang tidak bisa dengan waktu cepat.

“Kesepakatan ini bisa kita dapatkan secara berangsur-angsur dengan mengurangi ego masing-masing, baik dari pihak PT.BA dan Niniak Mamak. Ini kita lakukan untuk terwujudnya Kota Sawahlunto yang lebih baik,”ujarnya. (*/zek)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional