Menu

Daftar Tunggu 31 Ribu, Jatah e-KTP Cuma 2.000

  Dibaca : 221 kali
Daftar Tunggu 31 Ribu, Jatah e-KTP Cuma 2.000

SUDIRMAN, METRO – Jeritan masyarakat yang memerlukan KTP masih belum terhenti. Hingga kini daftar antrean untuk e-KTP adalah sebanyak 31 ribu. Sementara jatah blangko E-KTP untuk Kota Padang dari pemerintah pusat cuma 2.000 lembar.

Itupun masih menunggu beberapa minggu ke depan. Pasalnya, jatah Padang untuk menjemput blangko e-KTP  itu baru di tanggal 18 April 2017 nanti. Diprediksi, KTP elektronik itu baru bisa dibagikan pada tanggal 20 April 2017 nanti.

”Sampai tanggal 18 nanti kita masih tetap mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP. Mungkin tanggal 20 April baru bisa kita bagikan,” sebut kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang, Wedistar kepada koran ini kemarin.

Terkait teknik pendistribusian nanti, menurut Wedistar, adalah kecamatan. Kecamatan nanti yang menentukan siapa yang mendapatkan e-KTP atau tidak. ”Usulannya dari kecamatan. Kita hanya mencetak saja,” sebut Wedistar.

Meski blangko cuma 2.000 lembar, namun bukan berarti warga tidak akan mendapatkan KTP elektronik. Cuma menunggu jatah blangko dari pusat saja. “Kita berharap sabar saja, semuanya pasti dapat, cuma bersabar,”tutur Wedistar lagi.

Jika blangko 2.000 lembar itu nanti habis didistribusikan, maka menjelang ada pasokan blangko dari pemerintah pusat, Disdukcapil Padang akan tetap mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP.

Seperti yang diketahui, hingga kini banyak keluhan dari masyarakat soal ketersediaan blangko e-KTP yang terlalu lama kosong. Reni (32) misalnya, warga Dadok Tunggul Hitam Padang. Idealnya kata dia pemerintah daerah memiliki inisiati sendiri untuk pengadaan blangko e-KTP. Sehingga masyarakat tidak terganggu. “Seharusnya kan bisa diadakan di Padang saja. Tidak perlu menunggu pusat,” sebut Reni.

Pemerintah diharapkan tidak mempersulit masyarakat dengan semua program-program yang dibuat sendiri. ”Sudah programnya dibuat, tapi masyarakat akhirnya menjadi korban akibat program itu tidak jalan,” tuturnya.

Warga lainnya, Anto (42) juga mengaku sedang berharap mendapat e-KTP. Karena dirinya sejak lama sudah mengajukan pencetakan KTP elektronik di Disdukcapil Padang. Namun sampai saat ini belum juga mendapatkannya. “Sudah lama saya urus, tapi sampai sekarang belum keluar juga,” tuturnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

1 Komentar

  1. Eka erizal Kamis, 27 April 2017