Menu

Cyber Troops Tangani Berita Hoaks Jelang Pilkada, Isu Sara dan Provokatif Hiasi Medsos

  Dibaca : 151 kali
Cyber Troops Tangani Berita Hoaks Jelang Pilkada, Isu Sara dan Provokatif Hiasi Medsos
TIM KHUSUS— Personel Polres Sijunjung dengan Tim Khusus Cyber Troops bakal mengawasi isu sara dan provokatif jelang helat Pilkada Serentak tahun 2020.

SIJUNJUNG, METRO
Mengantisipasi penyebaran berita hoaks, isu Sara dan hal yang bersifat provokatif di media sosial pada masa tahapan Pilkada, Polres Sijunjung akan  membentuk tim khusus yang dinamakan tim cyber troops untuk memantau aktifitas media sosial, terutama yang menyangkut Pilkada Sijunjung.

Pembentukan tim tersebut ditujukan untuk mengawasi munculnya isu-isu yang tidak bertanggung jawab yang bisa mengganggu kondusifitas situasi Kamtibmas di Sijunjung, terutama selama masa Pilkada berlangsung.

Hal itu diungkapkan langsung Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan usai melakukan pengamanan melekat di KPU Sijunjung pada Minggu (6/9). “Kita akan bentuk tim Cyber Troops untuk memantau aktifitas masyarakat di media sosial, sebagai antisipasi munculnya berita bohong atau hoaks, isu sara, provokatif dan lain sebagainya yang bisa memicu terjadinya gangguan Kamtibmas di Sijunjung,” tutur kapolres.

Perhelatan Pilkada di masa pandemi Covid-19 kali ini merumuskan sejumlah aturan baru dalam setiap tahapan pelaksanaannya, termasuk pada masa kampanye nanti yang berbeda dengan kampanye sebelumnya.

“Dengan kondisi pandemi saat ini tentu akan terbatas juga nantinya pelaksanaan kampanye. Sehingga kampanye melalui media sosial diperkirakan akan gencar terjadi. Jadi tim Cyber Troops ini akan mengawasi itu,” jelas kapolres.

Meskipun membentuk tim dari Polres Sijunjung sendiri namun, akan tetap berkordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu dan Gakkumdu. ”Kita tetap koordinasi. Nanti jika ditemukan adanya pelanggaran tersebut, kita akan lihat juga, apakah itu masuk pelanggaran pemilu atau masuk pidana umum dan UU ITE,” ujar Andry Kurniawan.

Pihaknya menegaskan bahwa, situasi kondusif di Sijunjung harus tetap dijaga bersama. Apalagi menyongsong Pilkada 9 Desember mendatang. ”Kita imbau agar masyarakat saling menjaga Kamtibmas kondusif, dengan tidak menyebar isu yang bisa menimbulkan konflik dan perpecahan ditengah masyarakat. Mari kita sukseskan Pilkada ini dengan damai dan aman, pemilu badunsanak,” ujar AKBP Andry Kurniawan. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional