Menu

Curi Kabel, 6 Sekuriti PT Semen Padang Ditangkap

  Dibaca : 417 kali
Curi Kabel, 6 Sekuriti PT Semen Padang Ditangkap
SEKURITI MENCURI— Jajaran Polsek Lubuk Kilangan menangkap enam orang sekuriti yang melakukan pencurian kabel di kawasan PT Semen Padang.

PADANG, METRO
Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Lubuk Kilangan menangkap enam orang yang terlibat dalam aksi pencurian kabel di Pabrik Indarung I, Komplek PT Semen Padang. Mirisnya, keenam orang yang mencuri itu ternyata petugas keamanan alias sekuriti yang bekerja di PT Semen Padang.

Mereka diamankan oleh Polisi di kantor Biro Keamanan PT Semen Padang, setelah Intel dan Reskrim Polsek Lubuk Kilangan bekerjasama dengan Kepala Biro Pengamanan PT Semen Padang melakukan penyelidikan terkait hilangnya kabel-kabel di Indarung I yang akibat dicuri.

“Para pelaku ditangkap, Senin (21/12). Awalnya kami mengamankan lima orang pelaku sekitar pukul 14.00 WIB. Setelah melakukan pengembangan, satu pelaku lagi berhasil ditangkap pukul 21.30 WIB,” sebut Kapolsek Lubuk Kilangan, AKP Edriyan Wiguna, Rabu (23/12).

AKP Edriyan menjelakan, keenam pelaku yaitu Jumaidi (38), Ahmad Rizal (26), Mulyandri (47), Muklis (25), dan Oki Oktafiandi (40), Rezy Azwary (27) terkait kasus pencurian kabel power kapasitor Mill Indarung I. Keenam pelaku merupakan sekuriti.

“Kami melakukan koordinasi dengan Kabiro pengamanan untuk dilakukan pengamanan kepada para pelaku. Saat kami datang ke lokasi lima pelaku telah di kumpulkan oleh Kabiro, sementara anggota langsung membawa kelima pelaku ke Polsek Lubuk Kilangan untuk di mintai keterangan,”sebut AKP Edriyan.

Di Mapolsek Lubuk Kilangan kelima pelaku mengakui perbuatan mereka dengan peran masing-masing dan mendapatkan imbalan Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu dari setiap hasil penjualan kabel yang dicuri.

“Para pelaku ini telah beraksi di lima titik kabel power kapasitor dengan peran yang berbeda. Pelaku Mulyandri berperan memantau lokasi disaat rekannya yang lain beraksi memotong kabel. Sementara pelaku lainnya berperan memotong kabel yang kemudian dimasukkan kedalam mobil Toyota Kijang milik pelaku Oki Oktafiandi. Setelah itu mereka menjualnya ke tempat pengepul barang bekas di kawasan By Pass, Lubuk Begalung,” terang AKP Edriyan.

Selain itu, dikatakan AKP Edriyan, saat dilakukan pemeriksaan terhadap lima pelaku, terungkap lagi jika ada satu pelaku lain yang ikut terlibat dalam aksi pencurian kabel tersebut.

“Kami kembali melakukan koordinasi dengan Kabiro Pengamanan untuk memanggil pelaku bernama Rezy Azwary datang ke rumah Kabiro yang berada di Komplek Bukit Atas, Kelurahan Indarung dengan alasan untuk membicarakan pekerjaan,” ungkap AKP Edriyan.

Sekitar pukul 21.00 WIB, pelaku datang ke rumah Kabiro tersebut yang selanjutnya Kabiro memberikan informasi kepada unit Opsnal untuk datang menjemput pelaku.

“Kami yang datang ke rumah Kabiro Pengamanan, dan kemudian mengamankan pelaku tanpa adanya perlawanan. Pelaku ikut berperan memotong kabel dan setiap kali melakukan pencurian, pelaku mengaku mendapat imbalan berupa uang sebanyak Rp 120 ribu dari setiap aksinya,” tutupnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional