Close

Curah Hujan yang Tinggi, Picu Bencana Banjir di Beberapa Titik di Kota Solok

BANJIR— Akibat saluran air tersumbat mengakibatkan banjir di kawasan Biruhun, Kota Solok, pasca turunnya curah hujan yang tinggi.

SOLOK, METRO–Curah hujan yang tinggi mengguyur kawasan Kota Solok mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi. Tidak lancarnya saluran air juga ikut memicu banjir. Seperti yang terjadi dikawasan Bi­ru­hun, Simpang Rumbio, Kota Solok, Selasa (28/9) malam. Akibat meluapnya telaga Boruhun, genangan air juga menghambat akses jalan menuju SMA N 2 Kota Solok.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Solok, Ikhlas menga­ta­kan, selain tingginya curah hu­jan yang mengguyur, ban­jir juga dipicu tersumbatnya saluran aliran air. Akibatnya beberapa rumah warga dan akses jalan tergenang air.

“Banjir selain disebabkan curah hujan yang tinggi juga disebabkan oleh pe­nyem­pitan saluran grainase,” ujar Ikhlas.

Untuk melihat kondisi banjir, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani mendatangi lo­kasi banjir. Dari laporan war­ga ada jembatan kayu yang dibangun masyarakat tidak sesuai spek teknis yang ada sehingga menghambat  ali­ran air.

Untuk mengatasi banjir, Ramadhani mengatakan, Pemerintah Kota melalui OPD terkait akan berupaya melakukan normalisasi salu­ran dengan pemasangan tanggul serta pembangunan box culvert atau plat duiker sehingga waktu musim hujan banjir dapat dikendalikan.

“Kita akan upayakan per­cepatan penanganan dan perbaikan saluran penyebab banjir ini, termasuk mengko­mu­nikasikan dengan daerah te­tangga dan pemerintah provinsi Sumbar karena hili­ran saluran sebagian melin­tasi daerah Kabupaten S­o­lok” ungkap Ramadhani. (vko)­

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top