Close

Curah Hujan Tinggi, Saluran Irigasi Pertanian Masyarakat Jebol di Pa­dang­pariaman 

Curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari terakhir melanda daerah ini, salah satunya Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman mengakibatkan berberapa saluran irigasi jebol.

PDGPARIAMAN, METRO–Curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari terakhir melanda daerah ini, salah satunya Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Ling­kung, Kabupaten Pa­dang­pariaman mengakibatkan berberapa saluran irigasi jebol.

“Salah satunya, saluran irigasi di Korong Kampung Bonai, Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Ling­kung,Kabupaten Padangpa­riaman, kata Ketua LPM Pa­ritmalintang Alam Syahri, kemarin, saat meninjau lokasi irigasi yang jebol.

Katanya, saat ini ma­syarakat petani sekitar berharap kepada pemerintah daerah untuk dapat memperbaiki, namun menjelang ada perbaikan masyarakat pe­tani setempat melakukan perbaikan perbaikan sementara agar saluran air tetap mengalir.

“Sebab, curah hujan yang tinggi ini tidak dapat kita atasi, karena itulah kehendak allah SWT. Kita hanya bisa meminta doa kepada allah agar saluran irigasi tetap baik, walau curah hujan tinggi. Mudah mudah permin­taan masyarakat petani di­dengar pihak pihak terkait,” ungkapnya.

Sehingga katanya, saluran irigasi sawah masyarakat yang jebol, karena musibah bencana ini dapat diperbaiki lagi, karena saluran irigasi ini sangat berguna bagi ma­syarakat untuk lancarnya aliran air ke sawah atau kebun masyarakat petani disini.

“Masyarakat petani sa­ngat berharap sekali agar ada yang sesegaranya me­la­kukan perbaikan, sebab, lancar aliran air kesawah atau kebun otomatis hasil panen mereka akan naik. Apalagi sawah sangat butuh aliran air, kalau tidak ada air sawah tidak bisa ditanam,” ujarnya.

Apalagi ini dalah kehen­dak yang maha kuasa, karena akibat curah hujan yang terlalu tinggi, mengakibat kan saluran irigasi jebol mengakibatkan pada beberapa titik di saluran irigasi di Korong Kampung Bonai Paritmalintang.

 “Semoga tahap awal ada donatur swasta memberikan bantuan. Sebab, kalau kita berharap dari dana peme­rintah tentu prosesnya cukup panjang, meski demikian kita tetap menunggu untuk proses perbaikan aliran irigasi yang terkena bencana alam,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top