Close

Curah Hujan Tinggi, Rawan Tanah Longsor di Ka­bupaten Padangpariaman

Curah hujan akhir akhir ini cukup tinggi, kemarin BNPB RI tinjau kesiapsiagaan Kabupaten Padangpariaman hadapi bencana Apalagi curah hujan yang sangat tinggi disertai angin kencang yang berlangsung pada bulan September kemarin telah mengakibatkan naiknya debit air di beberapa sungai.

PADANGPARIAMAN, METRO–Curah hujan akhir akhir ini cukup tinggi, kemarin BNPB RI tinjau kesiapsiagaan Ka­bupaten Padangpariaman hadapi bencana Apalagi curah hujan  yang sangat tinggi disertai angin kencang yang berlangsung pada bulan September kemarin telah mengakibatkan naiknya debit air di beberapa sungai.

Hujan lebat serta angin yang kencang tersebut telah mengakibatkan beberapa titik terjadi banjir bandang, banjir serta tanah longsor  yang juga menyebabkan beberapa pohon tumbang.

Kabupaten Padangpariaman memang ter­masuk kedalam daerah zona bencana banjir, longsor, dan cuaca ekstrim  yang cukup sering dan bahkan menimbulkan kerugian harta benda dan nyawa manusia.

Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana merupakan langkah preventif dalam me­ngantisipasi penaggulangan bencana alam yang telah di atur dalam Undang-undang. Paradigma penanggulangan bencana telah berubah dari responsif menjadi preventif.

Kemarin, Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur menerima kunjungan Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat (DSDD) Kedeputian Kedaruratan BNPB Republik Indonesia Rustian dalam pengecekan kesiapsiagaan peralatan, logistik dan personil BPBD Padangpariaman.

Dalam menerima kunjungan direktur DSDD BNPB RI tersebut turut hadir Ketua DPRD Padangpariaman Arwinsyah dan Kepala BPBD Kabupaten Padangpariaman Budi Mulya.

Bupati  Suhatri Bur menyambut baik keda­tangan Direktur DSDD BNPB RI ke Padang­pariaman dan berharap proposal – proposal yang diajukan untuk penanggulangan bencana yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor yang terjadi sebelumnya bisa dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

“Saya mengharapkan sekali BNPB dapat menindaklanjuti proposal yang sudah diajukan untuk penanggulangan dampak bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa Padang­pariaman, seperti pembangunan jembatan, mudah-mudahan dapat terwujud di tahun 2022,” ujar Suhatri Bur.

Kunjungan direktur DSDD BNPB RI tersebut adalah dalam rangka Monev Kondisi Sumber Daya BPBD Padangpariaman dalam meng­hadapi segala macam potensi dan jenis an­caman bencana yang terjadi di Padang­pariaman.

Rustian yang juga baru dikukuhkan menjadi Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Andalas tahun 2021 – 2025, sebelum berkunjung ke kantor Bupati Padangpariaman telah melakukan pengecekan kesiapsiagaan peralatan, logistik dan personil di kantor BPBD Padangpariaman didampingi Ketua DPRD dan Kalaksa BPBD Padangpariaman.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top