Menu

Curah Hujan Tinggi, Jalan Tuapejat-Sioban Tertutup Lumpur

  Dibaca : 171 kali
Curah Hujan Tinggi, Jalan Tuapejat-Sioban Tertutup Lumpur
Tim Gabungan Anggota Kodim 0319/Mentawai bersama Polres Mentawai, BPBD, dan dinas PU Mentawai serta masyarakat sekitarnya bersama sama bersihkan jalan akibat longsor

MENTAWAI, METRO
Tingkat curah  hujan yang tinggi  beberapa  hari  ini, menyebabkan longsor di jalan Tuapejat-Sioban tepatnya di Metrobibit, Dusun Pogari Desa Gosooinan yang menutup sebagian badan jalan dengan lumpur Selasa (21/7).  Diperkirakan longsor terjadi pada pagi hari, dimana material longsor yang turun berupa tanah dan pohon.

Mengetahui hal tersebut Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra, bersama Bhabinkamtibmas Gosooinan langsung mengecek ke lokasi untuk memastikan hal tersebut. Sesampainya di lokasi diektahui terjadi   longsor sepanjang kira-kira 20 meter.

”Saat tiba di lokasi dalam keadaan masih hujan,” ungkap Kapolsek Sipora.

“Longsor diakibatkan tidak sanggupnya tanah bukit menahan gerusan air hujan yang cukup lebat sehingga tanah tersebut turun membawa tanaman-tanaman dan pohon-pohon yang ada dan menutup sebagian badan jalan,” sebut Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra.

Diinformasikan Kapolsek, saat ini arus lalu lintas masih bisa lewat dengan menggunakan separoh badan jalan.

Donny mengatakan, pihak Dinas Pekerjaan Umum telah dihubungi untuk meminta bantuan alat berat mengangkat material tanah. Sementara itu pihak BPBD Kabupaten kepulauan Mentawai telah tiba di lokasi bersama Kapolsek untuk membersihkan tanaman dan pohon-pohon yang terbawa ke badan jalan dengan cara memotongnya.

Sementara Tim Gabungan Anggota Kodim 0319/Mentawai bersama Polres Mentawai, BPBD, dan dinas PU Mentawai serta masyarakat sekitarnya bersama sama bersihkan jalan akibat longsor di lokasi jalan raya tuapejat KM 20, Dampak curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan longsornya tanah perbukitan di daerah Desa Goisooinan menutup akses jalan utama dari Tuapejat menuju Kecamatan Sipora Selatan.

Menurut Lettu Inf Setianus Sipayung Pasi intel Kodim 0319/Mentawai yang berada dilokasi mengatakan longsornya tanah dan pepohonan sudah 90 % menutup badan jalan, sehingga akses jalan dari tuapejat ke arah Sioban terputus.

Setelah tim gabungan bersama sama membersihkan tanah yang longsor, sekarang sudah bisa di lewati oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

”Kita bersyukur tidak ada korban jiwa akibat peristiwa longsor ini,“ kata Pasi Intel Kodim.

Dengan curah hujan yang tinggi akhir akhir ini, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Mentawai agar lebih berhati-hati.

“Kita berharap bencana tidak terjadi diwilayah Mentawai, tetapi kalau ada bencana sekecil apapun secepatnya dilaporkan, sehingga dengan cepat teratasi,” ungkap S. Sipayung. (s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional