Close

Cuaca Mulai Panas, Waspadai Kebakaran di Kota Padang

Edi Hasymi Plt Kepala Damkar Kota Padang

RASUNA SAID, METRO–Peralihan cuaca dari musim hujan ke musim panas yang saat ini terjadi di Kota Padang perlu disikapi dengan kewas­padaan terhadap bahaya kebakaran. Plt Kepala Damkar Kota Padang, Edi Hasymi mengimbau warga kota untuk waspada dengan bahaya kebakaran.

Menurutnya, bahaya kebakaran bisa mengintai kapan saja. Namun di saat musim panas ini, poten­sinya lebih besar. Untuk itu perlu diwaspasai agar ti­dak terjadi.

“Kita kembali ingatkan agar hati-hati sebelum meninggalkan rumah. Was­­pa­dai kemungkinan kebakaran,” terang Edi Hasymi, Rabu (20/7).

Dikatakannya, dari bulan Januari sampai Juli 2022 sudah terjadi puluhan kasus kebakaran. Intensitasnya ada yang besar dan ada kebakaran kecil. Rata-rata kebakaran dipicu karena korsleting arus listrik pada instalasi, korsleting arus listrik krn peralatan elektronik seperti kipas angin, TV, AC  serta ledakan kompor gas.

Selain itu, kebakaran  kata dia, biasanya dipicu karena korslet, arus pen­dek. Untuk itu penting untuk menyesuaikan  kapasitas listrik dengan beban yang diberikan.

“Kita mengimbau to­long diperiksa kembali instalasi listrik secara berkala. Karena sudah terlalu lama,bisa saja kabel kabelnya sudah rusak atau tua. Tolong juga jangan mencas HP atau benda lainnya dalam keadaan rumah ditinggalkan. Pastikan semua stop kontak mati saat mau keluar rumah untuk menghindari bahaya kebakaran,” ujarnya.

Bagi tempat tempat usaha agar selalu menyediakan APAR untuk memadamkan api dengan cepat. Karena kerugian yang disebabkan kebakaran bisa berpotensi sangat besar dan bisa membuat korbannya langsung miskin. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top