Menu

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung

  Dibaca : 151 kali
Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung
PELIHARA—DLH Pelihara pohon yang berpotensi membahayakan. Terlihat personel DLH sedang memotong pohon yang sudah tua.

SUKARNOHATTA, METRO
Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah Kota Payakumbuh dalam mencegah adanya pohon tumbang dan patah akibat angin kencang.

Mengingat beberapa waktu terakhir ini kondisi cuaca sedikit ekstrim dimana angin kencang dan memasuki musim penghujan, sehingga perlu dilakukan penataan pada pohon-pohon yang berpotensi tumbang maupun merusak ke fasilitas umum. Dengan begitu dapat dicegah terjadinya pohon tumbang atau patah yang dapat membahayakan kepada pengguna jalan.

Kepala Dinas LH Kota Payakumbuh Dafrul Pasi menyampaikan bahwa pemangkasan rutin juga dilakukan selain memenuhi permohonan masyarakat, pohon yang sudah tinggi dan juga mengganggu instalasi listrik, maka sesuai koordinasi dengan PLN dilakukan penataan dengan memangkas dahan yang berpotensi patah dan tumbang.

”Untuk kayu hasil penebangan, sesuai Perwako, ada regulasi bagaimana keinginan wali kota agar kayu ini bisa dilelang atau dijadikan mobiler. Saat ini kita stok dulu kayunya untuk proses selanjutnya,” kata Dafrul.

Sementara itu, Ina, salah seorang warga Koto Nan Ampek menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dengan cepat melakukan upaya pencegahan potensi bahaya terhadap masyarakat baik bagi pengguna jalan maupun masyarakat sekitar dari pohon tumbang maupun patah.

”Langkah Pemko ini, sangat bagus. Kita berharap jangan sampai nanti saat hujan dan angin kencang terjadi ada rumah warga yang ditimpa pohon, apalagi kalau sempat pohon menimpa pengendara. Semoga nanti pohon-pohon lainnya segera ditangani, petugasnya juga bekerja cepat dan bersih, kami selaku warga menyampaikan apresiasi,” ungkapnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional