Menu

Cuaca Ekstrem, Warga Padang harus Waspada

  Dibaca : 87 kali
Cuaca Ekstrem, Warga Padang harus Waspada
GENANGAN AIR— Hujan dengan intensitas tinggi yang sering terjadi selama Agustus ini membuat kawasan langganan banjir sering tergenang air. Seperti di kawasan jalan Khatib Sulaiman, air terlihat menggenangi jalan.

AIA PACAH, METRO–Warga Kota Padang diharapkan untuk selalu waspada dengan cuaca esktrem yang terjadi saat ini. Cuaca ekstrem sangat rawan menimbulkan po­tensi banjir, longsor, dan pohon tumbang.

“Cuaca ekstrem masih terus berlangsung sampai akhir tahun. Makanya tiga potensi bencana ini bisa terus mengintai,” sebut Kalaksa BPBD Kota Padang, Barlius, Selasa (31/8).

Ia mengatakan, curah hujan yang tinggi dan du­rasi cukup lama sangat berpotensi memicu banjir, longsor dan pohon tum­bang. Terutama  pada da­erah-daerah rawan.

Untuk potensi banjir titiknya cukup banyak dan hampir merata di semua titik di Kota Padang. Namun yang paling rawan adalah  kawasa  Aia Pacah, Gunung Pangilun, Lubuk Buaya, Rawang, dan sejumlah titik di kawasan barat Kota Padang.

Sementara untuk ben­cana longsor sangat rawan terjadi pada titik di lereng pebukitan atau di kaki-kaki bukit,  seperti Bukit Gado-gado, Bukit Turki, semua titik di seberang Padang, Ga­tes. Apalagi ada potensi  ada pergeseran tanah yang akan terjadi pada se­suai prediksi BMKG.

“Prediksi BMKG begitu, akan ada terjadi per­ge­seran tanah. Jika disertai de­ngan hujan lebat, feno­mena alam ini berpotensi memicu longsor,” sebut Barlius.

Saat ini, terang dia, hampir tiap hari tejadi hu­jan berintisitas sedang hing­ga lebat. Terutama pada siang dan sore hari. Fenomena ini akan terjadi sampai akhir tahun 2021. Bila huja lebat disertai de­ngan terjadinya perge­seran tanah, maka sudah dapat dipastikan potensi longsor cukup besar.

Ia berharap, masya­ra­kat yang tinggal di bebu­kitan atau di lereng-lereng agar selalu waspada ter­ha­dap fenomena itu. Jika me­lihat ada gelagat perge­seran tanah, segera me­nye­lamatkan diri. Jangan tunggu sampai terjadi mu­sibah.

“Kita ingatkan lagi pada semua masyarakat yang berada di lokasi rawan. Agar selalu waspada. Ka­rena saat ini cuaca eks­trem,” tandasnya.

Sementara untuk po­hon tumbang, yang perlu diwaspadai adalah pada titik-titik yang ada pohon pelindung. Dan itu rata-rata berada di pusat kota yakni di kawasan barat Kota Padang.  (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional