Menu

Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada

  Dibaca : 883 kali
Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada
Martias Wanto (Sekretaris Daerah Kabupaten Agam)

AGAM, METRO – Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Agam Khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana agar selalu berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan meninggat kondisi cuaca yang sangat ekstrem dalam beberapa hari ini agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kondisi cuaca yang tidak menentu saat sekarang ini, ditambah berbagai kejadian yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Agam, baik itu longsor banjir dan beberapa rumah ditimpa pohon. Bahkan ada yang terkena angin puting beliung yang mengakibatkan atap rumahnya copot hingga berserakan,” kata Martias Wanto, Senin (9/12).

Martias Wanto mengimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan baik dalam berkendaraan saat melintasi daerah yang rawan bencana maupun masyarakat yang tinggal di lokasi rawan becana,mengingat kondisi cuaca yang paginya cerah,sorenya menjadi hujan lebat sehingga hal ini lah menjadi kekwatiran kita bersama.

Di samping itu upayakan membuang sampah di tempat-tempat sampah yang sudah kita sediakan,jangan biasakan membuang sampah di aliran irigasi atau di sungai-sungai karna itu memicu terjadinya banjir atau bencana lainya.

”Kalau ada bencana di sekitar rumah atau di jalanan segera informasikan dinas terkait dan pemerintah setempat, sebab kalau tidak ada informasi tentu pihak pemerintah melalui dinas terkait akan sudah melacak keberadaan lokasi bencana. Tidak itu saja kalau kordinasi itu lancar insyallah Dinas terkait akan cepat tanggap. Tapi kalau tidak ada informasi sama sekali,bahkan dibiarkan begitu saja, sudah terjadi bencana yang besar apalagi sudah merenggut nyawa tentu kita juga yang repot jadinya,” katanya.

“Kita berharap masyarakat agar selalu meningkatkan kordinasi dengan pemerintah Nagari, Kecamatan dan Dinas terkait, meninggat daerah kita memang banyak rawan bencana maka di butuhkan kordinasi yang intens agar seketika terjadi bencana Dinas terkait termasuk Pemerintah Nagari dan Kecamatan bisa melakukan pertolongan pertama agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan,” harapnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional