Menu

Cuaca Ekstrem, Ikan Kosong di Pasar Raya, Harga Sembako Merangkak Naik

  Dibaca : 215 kali
Cuaca Ekstrem, Ikan Kosong di Pasar Raya, Harga Sembako Merangkak Naik
Ilustrasi

PASAR RAYA, METRO
Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari belakangan ini membuat harga berbagai kebutuhan pokok atau sembako merangkak naik. Tak hanya itu, beberapa komoditi ada yang kosong sehingga pedagang tak berjual beli.

Pantauan POSMETRO di Pasar Raya Padang, Rabu (25/11), ikan laut segar kosong. Pedagang lebih banyak duduk-duduk saja, karena tak ada ikan yang mau dijual. Kalaupun beberapa yang jual ikan, cuma ada ikan beku dengan harga melangit.

“Tak ada ikan sekarang, kosong. Cuaca badai. Makanya kami duduk-duduk saja,” kata Awal (45), salah seorang pedagang ikan.

Akibat tak ada ikan terang Awal, harga ikan melambung tinggi. Kenaikan harga mencapai 100 persen jika dibandingkan dengan kondisi normal. Fenomena ikan kosong ini terangnya sudah terjadi sejak seminggu belakangan. Ia memprediksi kondisi ini akan terus berlanjut sampai akhir bulan ini karena cuaca makin ekstrem.

“Nelayan tak melaut. Kalaupun ada yang melaut, mereka sekarang banyak merapat ke pulau. Karena cuaca badai,” tandasnya.

Tak hanya ikan, cabai juga mengalami kenaikan. Kemarin harga cabai mencapai Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogramnya. Pedagang mengaku mahalnya harga cabai karena pasokan terganggu akibat longsor.

“Cabai dari Jawa kan diangkut lewat jalan darat, karena banyak yang longsor, harganya jadi mahal sekarang,” tandas Yudi (40), salah seorang pedagang cabai.

Selain cabai, harga berbagai sayuran juga melonjak tajam hingga dua kali lipat. Khususnya sayuran yang berasal dari dataran tinggi seperti wortel, kol, tomat, sawi dan lainnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional