Menu

Cuaca Buruk, Pasokan Ikan Segar Menghilang

  Dibaca : 104 kali
Cuaca Buruk, Pasokan Ikan Segar Menghilang
Ilustrasi

AIAPACAH, METRO
Akibat cuaca badai di tengah laut, pasokan ikan segar di Pasar Raya Padang menghilang. Saat ini di pasar terbesar di Kota Padang itu hanya menyediakan ikan-ikan beku asal Tanjuang Balai, Medan.

“Tak ada ikan segar sekarang. Cuaca lagi buruk. Orang tak melaut. Makanya yang beredar hanya ikan beku saja,” sebut Awal (45), salah seorang agen ikan di Pasar Raya Padang.

Menurut Awal yang juga ketua pedagang ikan di Pasar Raya ini, ikan-ikan beku berasal dari Medan dan transit di Padangpanjang. Oleh agen yang di Padang, ikan ini dijemput di Padangpanjangg untuk dijual di pasar-pasar tradisional di Kota Padang.

“Karena alurnya yang panjang itu, ikan itu dijual dengan harga yang lumayan mahal. Kenaikan harganya mencapai 30 persen dari harga normal,” sebut Awal.

Ia menambahkan, ikan beku ini biasanya telah cukup lama disimpan dalam kulkas besar. Kemudian, pada saat nelayan tak melaut karema cuaca badai, ikan ini dikeluarkan untuk memenuhi pasokan pasar. Jenisnya pun bervariasi. Mulai dari gambolo, sisiak, anak tuna dan lainnya.

Salah seorang pembeli Yasni (50) mengatakan, ikan yang dibelinya memang tak terlihat segar lagi. Namun karena kebutuhan dapur dan anak-anaknya terbiasa makan ikan, makanya dibeli juga. “Kadang, alah digoreng makin karehnyo. Tapaso dibali juo. Soalnyo anak bakandak pulo,” tandasnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional