Menu

Covid-19 mulai Melandai di Sumbar, Kasus Sembuh “Kalahkan” Positif Baru

  Dibaca : 402 kali
Covid-19 mulai Melandai di Sumbar, Kasus Sembuh “Kalahkan” Positif Baru
Jasman Rizal, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat

PADANG, METRO
Pertambahan kasus positif covid-19 di Sumbar mulai melandai, meski sudah memasuki fase new normal atau kenormalan baru. Seperti informasi yang disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Kamis (18/6) sekitar pukul 15.30 WIB. Dari 550 sampel yang diperiksa “hanya” tercatat lima orang yang positif.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, total sampai telah 696 orang warga Sumbar terinfeksi covid-19 pascapenambahan 5 orang. Sementara pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 17 orang, sehingga total sembuh 482 orang.

“Mereka yang dinyatakan positif itu tersebar di berbagai rumah sakit, sekitar 95 orang (13,65%). Isolasi di berbagai fasilitas 89 orang (12,79%), meninggal dunia 30 orang (4,31%) dan sisanya sembuh 482 orang (69,25%),” katanya dalam relis yang diterima POSMETRO, kemarin.

Dia mengatakan, berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Padang dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi di bawah pimpinan dan penanggungjawab Dr Andani Eka Putra, semua kasus positif baru berasal dari Kota Padang.

“Rinciannya pria 35 tahun, warga Pasa Gadang, pekerjaan swasta. Diduga terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Wanita 25 tahun, warga Kuranji, status mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Ketiga wanita 51 tahun, warga Kuranji, pekerjaan guru, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Ketiganya sekarang dalam penanganan isolasi mandiri sementara,” katanya.

Selanjutnya, sebutnya, wanita 24 tahun, warga Kuranji, status mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Kelima pria 55 tahun, warga Lubuak Lintah, Kuranji, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi. Keduanya sekarang dalam penanganan isolasi mandiri sementara. “Yang sembuh ada 17 orang, berasal dari Padang 15 orang, satu dari Sijunjung dan satu lagi dari Pessel,” katanya.

Untuk perkembangan covid-19 di Sumbar yang datanya dihimpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten Kota se-Sumatra Barat, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 9.443 orang. Proses pemantauan 157 orang, dengan rincian karantina Pemda 3 orang dan 154 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 9.286 orang.

“Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 1.258 orang. Masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab 23 orang. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat 1.235 orang. Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemi covid-19 segera berakhir. Aamiin,” katanya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional