Menu

Corona Terus Mewabah, DPRD Tetap Reses

  Dibaca : 156 kali
Corona Terus Mewabah, DPRD Tetap Reses
Ilustrasi

SAWAHAN, METRO
Pimpinan dan Anggota DPRD Padang akan turun menjemput aspirasi ke tengah-tengah masyarakat di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) lewat kegiatan reses III mulai Kamis (3/9). Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Padang, Hendrizal Azhar, mengatakan reses masa sidang III itu akan dilaksanakan selama lima hari dan berakhir pada Senin (7/9).

“Pelaksanaan reses tetap berlanjut meskipun Covid-19 bertambah kasusnya hampir tiap hari,” ujarnya, Selasa (1/9).

Ia menambahkan, dalam rangka kenyamanan dan kelancaran kegiatan reses III, mekanisme pelaksanaanya diatur sesuai Perwako No 49 Tahun 2020. “Contoh, biasanya dalam reses dewan hadir warga hingga 500 orang, sekarang bisa saja 150 hingga 200 orang, supaya penularan virus corona dapat ditekan dan keselamatan warga terjamin,” ucap mantan Kadis Damkar Padang ini.

Pelaksanaan reses III tersebut, sambungnya dalam rangka menampung keluhan yang ada di masyarakat. Kemudian akan disampaikan pada OPD-OPD masing-masing dan direalisasikan secara bertahap.

“Warga bisa usulkan dari segi fisik dan pemberdayaan. Untuk jenis fisik, seperti pembangunan jalan, rehab, pembangunan drainase dan lainnya. Sedangkan pemberdayaan masyarakat bisa jadi pelatihan UMKM antara lain menjahit, dagang dan usaha lain. Ini dibantu lewat pemberian modal usaha atau peralatannya,” papar mantan Kadis Pasar ini.

Reses III yang akan dilaksanakan wakil rakyat itu terangnya, dibiayai oleh APBD dan total anggaran keseluruhannya Rp1,5 miliar bila 45 wakil rakyat melaksanakannya. Sementara itu, Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani mengharapkan kepada anggota dewan yang melaksanakan reses, untuk menjalankan proses sesuai protokol kesehatan. Sebab virus corona sekarang bertambah terus.

“Proses pakai masker, jaga jarak, dan sediakan tempat cuci tangan harus disiapkan. Jika perlu semprot lokasi sebelum hari pelaksanaan. Agar klaster baru tak muncul dan penyebaran virus tak terjadi,” ujarnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional