Menu

Cooling Down Usai Pilkada Serentak, Silaturahmi TNI-Polri Sambangi Paslon Bupati

  Dibaca : 113 kali
Cooling Down Usai Pilkada Serentak, Silaturahmi TNI-Polri Sambangi Paslon Bupati
SILATURAHMI—Polres Sijunjung dan Kodim 0310/SS gelar silaturahmi dengan Paslon 05, UHS-IG dan nomor urut 02, Endre Saifoel-Nasrul.

SIJUNJUNG, METRO
Di tengah dinamika Pilkada Sijunjung yang terus bergerak. Polres Sijunjung bersama Kodim 0310/SS menggelar silaturahmi dengan sejumlah pasangan calon dan melakukan upaya persuasif dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kebersamaan pasca pelaksanaan Pilkada Sijunjung.

Tindakan cooling down atau pendinginan itu bertujuan agar semua pihak tetap mengutamakan Kamtibmas yang kondusif, meskipun sebelumnya terdapat sikap penolakan oleh sejumlah paslon pada rapat pleno yang diselenggarakan KPU pada Selasa (15/12) tentang rekapitulasi suara di tingkat kabupaten.

Sehari berselang, Kapolres bersama Kasdim  0310/SS dan jajaran menyambangi posko pemenangan Paslon nomor urut 02, Endre Saifoel-Nasrul di Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari. Kedatangan itu sebagai upaya pendinginan situasi serta secara persuasif mengajak untuk tidak melakukan adanya pergerakan massa ataupun tindakan yang bisa memicu terjadinya gangguan Kamtibmas ditengah masyarakat. TNI-Polri di Sijunjung juga menggelar pertemuan dengan Paslon 05, Hendri Susanto masih dalam agenda yang sama. Silaturahmi Polres dan Kodim tersebut direspon positif oleh pasangan calon.

Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan didampingi Kasdim 0310/SS Mayor Inf Ilham mengatakan, hal tersebut akan dilaksanakan kepada semua pasangan calon. “Tujuannya untuk silaturahmi, terutama pasca proses Pilkada berlangsung. Ini upaya pendinginan situasi agar tetap menjaga Kamtibmas kondusif secara bersama,” tutur Kapolres didampingi Kasdim, Kasat Intel Iptu Alminazri dan Kasubag Humas Ipti Nasrul Nurdin. “Semua calon akan kita kunjungi, agar silaturahmi dan kebersamaan jangan sampai hilang. Meskipun kemarin ada penolakan pada saat rapat pleno rekapitulasi yang diselenggarakan KPU. Meski demikian, kita mengapresiasi hal itu tidak menimbulkan kerumunan massa dan menjadi pemicu gangguan Kamtibmas,” terang Nasrul.

“Prioritas kami (TNI-Polri) adalah Kamtibmas kondusif. Semua pasangan calon adalah putra terbaik Sijunjung. Jangan sampai kebersamaan dan silaturahmi kita rusak setelah pesta demokrasi ini berlangsung,” tutur Nasrul.

Polres Sijunjung dan Kodim 0310/SS mengawal dan melakukan pengamanan setiap tahapan Pilkada. “Dari awal kita selalu mengimbau agar Pilkada aman damai dan badunsanak tercipta di Sijunjung. Sejak awal berlangsung aman, kita berharap hingga akhir dan semua tahapan selesai tetap berjalan damai,” papar Nasrul.

Meskipun terdapat dinamika, Polres dan Kodim mengimbau agar semua pihak tetap persuasif. “Jika memang ada pelanggaran silahkan menempuh jalur dan mekanisme yang ada. Namun dengan tetap menjaga Kamtibmas kondusif,” jelasnya.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 05, Hendri Susanto mengatakan, pihaknya mengapresiasi jajaran Polres Sijunjung dan Kodim 0310/SS yang telah melakukan pengamanan demi terciptanya situasi kondusif di Sijunjung. “Kami sangat apresiasi dan merasa terhormat atas kunjungan ini. Kami berkomitmen keamanan dan kondusifitas ditengah masyarakat merupakan tanggung jawab kita bersama dan harus kita jaga bersama,” ucap Hendri.

Sedangkan terkait dugaan pelanggaran pada proses pelaksanaan Pilkada Sijunjung, pihaknya mengatakan akan melakukan sesuai jalur dan mekanisme yang ada. “Kita tetap utamakan menempuh jalur sesuai mekanisme yang ada. Artinya jalur yang sesuai aturan hukum. Dengan tetap menjaga situasi Kamtibmas ditengah masyarakat tetap aman dan kondusif,” tambah Hendri. (ndo)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional