Close

Comeback Dramatis! Real Madrid ke Final, City Gigit Jari

Rodrygo

Real Madrid, Sang juara 13 kali menjungkalkan perlawanan Manchester City di babak semifinal ajang Liga Champions. Bertanding di Santiago Bernabeu, Kamis (5/5) dini hari WIB, Los Blancos menang 3-1 atas The Citizens.

Hasil ini membuat Real Madrid berhak mendapatkan tiket lolos ke partai final Liga Champions Eropa dengan skor agregat 6-5. Di partai puncak, mereka akan bersua Liverpool yang mana Rabu (4/5) kemarin menang atas Villarreal dengan skor 3-2 (agregat 5-2).

Dalam duel Real Madrid vs Manchester City menyajikan laga penuh comeback dramatis. Betapa tidak, tim asuhan Pep Guardiola unggul lebih dulu pada menit ke-73. Riyad Mahrez yang menjadi pencetak gol Citu.

Tiket final Liga Champions sebenarnya sempat sudah berada sangat dekat di depan mata Man City-nya Guardiola. Tapi semua sirna dalam sekejap.

Real Madrid yang pantang menyerah, sepasang gol Rodrygo buat Real Madrid kemudian hadir menghentak jelang berakhirnya waktu normal. Duo gol bergetar di jaring gawang City pada masa injury time atau telah terjadi dalam satu menit dua gol bersarang.

Agregat Madrid vs City menjadi 5-5, laga pun harus lanjut ke babak tambahan. Madrid bisa menambah satu gol lagi pada menit ke-95. Karim Benzema yang menjadi penentu kelolosan Madrid.

Benzema dijatuhkan oleh bek City, Ruben Dias, di dalam kotak penalti, wasit menunjuk titik putih. Benzema sukses menunaikan tugasnya menjadi eksekutor penalti, skor berubah 3-1 (agregat 6-5).

Menyakitkan memang! City gagal lagi ke final. Kontan, pasukan Pep Guardiola harus menunda mimpi untuk menjuarai Liga Champions. Guardiola seakan-akan kena “Kutukan” City terpaksa gigit jari.

Real Madrid yang bermain di depan puluhan ribu suporter dan berhasrat ingin membalas kekalahan di leg pertama langsung bermain menekan sejak menit awal.

Mengandalkan Karim Benzema sebagai ujung tombak, pasukan Carlo Ancelotti tercatat mampu unggul penguasaan bola mencapai 51 persen di paruh pertama.

Dalam segi peluang, Los Blancos juga mampu melakukan tujuh tembakan, namun tidak ada yang tepat sasaran. Manchester City sendiri menciptakan enam tembakan dan empat dinantaranya mengarah ke gawang.

Meski laga babak pertama berjalan sengit, namun hingga wasit meniupkan peluit akhir tetap tidak ada gol yang mampu diciptakan oleh kedua Real Madrid maupun Manchester City.

Seusai jeda, Carlo Ancelotti melakukan rotasi dengan mengganti Toni Kross dan memasukan Rodrygo Goes pada menit ke-68.

Sedangkan Manchester City juga mengganti Kyle Walker dan memasukan Oleksandr Zinchenko. Kevin De Bruyne juga ditarik keluar dan digantikan oleh Ilkay Gundogan.

Adanya beberapa tenaga baru membuat The Citizens langsung mampu mencetak gol pada menit ke-73. Sepakan terarah dari Riyad Mahrez gagal dibendung oleh hibaut Courtois.

Tertinggal 0-1 membuat Karim Benzema dkk tidak tinggal diam. Mereka terus-menerus mengurung pertahanan The Citizens hingga menit-menit akhir babak kedua.

Alhasil, pertahanan Manchester City lengah setelah pemain pengganti, Rodrygo Goes sukses menggetarkan gawang Ederson Moraes di menit ke-90. Hanya satu menit berselang, penyerang 21 tahun itu kembali menjadi pahlawan dan membuat Madrid berbalik unggul 2-1.

Karena agregat menjadi imbang 5-5, terpaksa pertandingan harus dilanjutkan melalui babak perpanjangan waktu dua kali 15 menit. Baru lima menit berjalan, petaka harus diterima tim tamu karena wasit memberikan hukuman penalti.

Karim Benzema yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan dan mampu membuat Real Madrid unggul 3-1. Keunggulan ini membuat Carlo Ancelotti langsung menerapkan taktik bertahan total.

Alhasil, hingga babak perpanjangan waktu berakhir, Manchester City gagal membobol gawang Real Madrid. Skor 3-1 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan.

Di partai final yang menurut tencana akan dilangsungkan, Minggu (29/5) dini hari WIB. Real Madrid harus berhadapan Liverpool di Stade de France, Saint-Denis, Prancis. (*/rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top