Menu

Ciptakan SDM Unggul, UNP Prioritaskan jadi PTN BH Tahun ini

  Dibaca : 205 kali
Ciptakan SDM Unggul, UNP Prioritaskan jadi PTN BH Tahun ini
DIES NATALIS VIRTUAL— Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri memimpin Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-66 UNP di auditorium kampus UNP, Jumat (23/10), yang dilakukan secara virtual.

REKTOR Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri menargetkan di tahun 2020 ini, transformasi UNP menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dapat terwujud. Sehingga, kebijakan Pemerintah terkait ”Kampus Merdeka” bisa dioptimalkan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Hal itu diungkap Prof Ganefri setelah Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-66 UNP di auditorium kampus UNP jalan Prof Dr Hamka, Air Tawar, Padang yang dilaksanakan secara virtual lantaran masih pandemi Covid-19.

”Kunci keberhasilan sebuah perguruan tinggi terletak pada sumber daya, terutama dosen dan mahasiswa. Untuk itu, UNP akan memberikan prioritas utama bagaimana mendorong percepatan terhadap peningkatan kualifikasi jenjang akademik para dosen,” kata Prof Ganefri.

Ditegaskan Prof Ganefri, untuk itu, lima tahun ke depan, dosen UNP seluruhnya harus bergelar doktor. Demikian juga dari sisi jabatan akademik. Pasalnya, salah satu indikator keberhasilan sebuah perguruan tinggi itu dilihat dari persentase jumlah doktor dan guru besarnya. Di samping itu, terkait dengan manajerial atau tata kelola.

Ditambahkan Prof Ganefri, UNP sedang bertranformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Hal itu bertujuan untuk mengoptimalkan kebijakan pemerintah terkait Kampus Merdeka. Jika mendapatkan kewenangan/lisensi sebagai PTN BH, pihaknya akan memiliki otonomi dalam pengelolaan akademik termasuk dalam bidang keuangan.

“Dengan otonomi yang semakin besar dan luas diberikan kepada UNP, kami yakin akan melahirkan berbagai inovasi baru. Kita akan merekrut dosen-dosen baru yang bergelar doktor. Saya kira banyak yang berada di luar negeri dan belum ada ikatan dengan siapa-siapa. Tentunya, dengan gaji dan insentif yang layak,” ujar Prof Ganefri.

Kabar baiknya, menurut Prof Ganefri, pihaknya mendapatkan informasi, kalau UNP dan Unand sudah menjadi prioritas untuk menjadi PTN BH di tahun 2020. Kalau didapatkan, dua perguruan tinggi ini akan menjadi kekuatan besar bagi Provinsi Sumbar, sehingga menjadi provinsi yang meeksplorasi kemampuan sumber dayanya dan SDM unggul akan dikirim dari Sumbar.

“Targetnya, di tahun 2020 ini UNP harus menjadi PTN BH.Berilah kebebasan untuk bisa melakukan berbagai inovasi mengembangkan SDM unggul, Makanya, pada Dies Natalis ke-66 temanya “Mencetak SDM Unggul untuk Mencapai Indonesia Maju,” tambah Prof Ganefri.

Acara Dies Natalis UNP ke – 66 tersebut juga diisi dengan orasi ilmiah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Mohammad Mahfud MD secara virtual.

Dibanjiri Testimoni Ucapan Selamat
Pada Dies Natalis ke-66 ini, UNP dibanjiri testimoni ucapan selamat. Seperti, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla, Duta Besar India untuk Indonesia dan Duta Besar Myanmar untuk Indonesia.

Selain itu, ucapan selamat juga berdatangan dari Rektor-rektor dari berbagai universitas di Indonesia.Pada Dies Natalis UNP ke-66 ini, juga dilakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Negeri Jakarta dan Bank Rakyat Indonesia. (rgr)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional