Close

Ciptakan SDM Andal di Kota Pariaman, Guru dan Praktisi Olahraga Penting Pahami FMS

TINGKATKAN ILMU--Dosen FIK UNP, Prof Dr Syahrial Bakhtiar foto bersama usai memberikan pelatihan terhadap guru dan praktisi olahraga agar menguasai Fundamental Motor Skill (FMS) atar ilmu gerak dasar.

PASAMAN, METRO–Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya ma­nusia (SDM) yang andal di masa depan, dosen pendidikan olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) selalu informasikan pentingnya guru dan praktisi olahraga menguasai Fundamental Motor Skill (F­MS) yang dikenal dengan gerak dasar.

FMS yang akan memberikan manfaat untuk a­nak-anak, karena sebagai peserta didik mereka perlu dikembangkan potensi­nya, tidak hanya intelektualnya saja, tapi juga sikap, moral dan motoriknya, pengenalan FMS setelah dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Ma­syarakat (PKM) oleh Dosen FIK UNP, Prof Dr Syahrial Bakhtiar MPd yang juga Ketua Umum DPP ISORI (Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia), di Aula Balaikota Padangpariaman, Selasa (19/10).

Kegiatan PKM yang di­selenggarkan Guru Besar FIK UNP itu, memiliki tema “Pentingnya pengetahuan dan keterampilan guru da­lam memiliki keterampilan Gerak Dasar” diikuti sekitar 80 orang guru yang terdiri dari Guru PAUD, SD dan SMP se Kota Pariaman.

“Pada masa anak–anak hendaknya pola gerak da­sar sudah dapat dikuasai, dengan demikian belajar keterampilan pola gerak dasar pada masa ini perlu diperhatikan. Jika anak sudah memguasai gerak dasar yang baik barulah bisa dilakukan deteksi dan identifikasi bakat anak,” kata Syahrial Bakhtiar, ilmuan olahraga berkelas internasional ini.

Dia menambahkan,  a­da­nya PKM dirinya di Kota Tabuik itu diapresiasi oleh Walikota Padang pariaman Dr Genius Umar MSi, de­ngan memfasilitasi kegiatan dan dukungan dari dinas terkait, dalam hal ini dengan Dinas Pendidikan Kota Pariaman. Bahkan saat pembukaan kegiatan  dibuka langsuang oleh Kepala Disdik Drs. Kanderi, MPd, dan Kabid Olahraga Drs. Suhaimi dan Kabid Pendidikan Dasar.

Dijelasknya, melalui kegiatan PKM itu, pihak­nya juga menghadirkan instruktur Gerak Dasar Yayasan Sekora diantaranya Oktarifaldi MPd, Heru Afrian MPd dan M Rizky Mezra MPd yang membantu dalam penyampaian materi ge­rak hingga mengevaluasi. “Ka­rena rendahnya kemampuan keterampilan gerak dasar siswa sekolah dasar di kota yang dipimpin Pak Wali Genius Umar ini, saya dan tim Yasekora juga siap dan bersedia melakukan pendampingan dalam mem­gembamgkan pembelajaran Gerak dasar di Kota pariaman,” terangnya.

Dia menambahkan pa­ra Guru PAUD, SD dan SMP di kota itu sangat antusias dalam memgikuti kegiatan. Diharapkan setelah kegiatan ini, peserta memiliki keterampilan dalam me­ngevaluasi gerak hingga merancang pembelajaran gerak dasar.

Selain itu, Syahrial Bakhtiar, yang mantan Dekan FIK UNP dua periode ini juga memaparkan FMS merupakan dasar untuk mempelajari dan me­ngem­bangkan berbagai kete­rampilan teknik dalam be­rolahraga dan aktivitas fisik seumur hidup.

“Jika kompetensi FMS anak tidak dikembangkan, mereka tidak berhasil meng­gunakan berbagai keterampilan olahraga dan permainan pada usia ka­nak-kanak dan remaja me­reka” tutupnya.  (*/boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top