Menu

Chile vs Brasil, Selecao sedang di Puncak

  Dibaca : 156 kali
Chile vs Brasil, Selecao sedang di Puncak
Klasemen sementara Zona Amerika Selatan (Conmebol).

Brasil akan mengha­dapi tuan rumah Chile da­lam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Ame­rika Selatan (Conmebol), Jumat (3/9) pagi. Pertan­dingan ini akan digelar di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, Chile, dengan kick-off 08:00 WIB.

Pertandingan terakhir Bra­sil adalah final Copa America melawan Argentina pada 10 Juli lalu. Ber­status tuan rumah serta ju­ara bertahan, Neymar dan kawan-kawan takluk 0-1.

Sebelum ditekuk Argentina di Maracana, Brasil sempat melalui 13 laga tanpa tersentuh kekalahan (M12 S1 K0). Itu termasuk kesuksesan mereka menji­nakkan Chile 1-0 di perem­pat final Copa America 2021 lewat gol tunggal Lucas Paqueta.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan, ke-10 tim masing-masing telah memainkan enam pertandingan. Brasil memimpin klasemen se­mentara dengan poin sem­purna 18, sedangkan Chile berada di posisi ke-7 de­ngan poin enam.

 Skuat besutan Tite juga memiliki rekor sempurna yaitu catatan 16 gol dan hanya dua kali kebobolan.

Timnas Brasil juga ma­sih menduduki puncak kla­semen dan memiliki pe­luang besar lolos ke puta­ran final di Qatar tahun depan.

Di Kualifikasi Piala Du­nia 2022 ini, Brasil telah berturut-turut mengalah­kan Bolivia 5-0, Peru 4-2, Venezuela 1-0, Uruguay 2-0, Ekuador 2-0, dan Paraguay 2-0. Se­men­tara itu, Chile kalah 1-2 dari Uruguay, imbang 2-2 de­ngan Kolombia, menang 2-0 atas Peru, kalah 1-2 dari Venezuela, imbang 1-1 de­ngan Argentina, dan 1-1 dengan Bolivia.

Chile selalu kalah tanpa bisa mencetak gol dalam dua laga terakhirnya. Dua kekalahan itu adalah 0-2 dari Paraguay dan 0-1 dari Brasil di Copa America.

Sementara itu, Brasil cuma kalah 1 kali dalam 14 laga terakhirnya, menang 12 kali (M12 S1 K1).

Brasil juga mencatat­kan 10 clean sheet dan cuma kebobolan total 5 gol dalam 14 laga terakhirnya.

Menurut rekor perte­muan (head-to-head), Se­lecao memenangi 4 dari 5 pertemuan. Sementara itu satu laga lain berakhir im­bang, namun Brasil me­me­nangi adu penalti di laga ter­sebut dengan skor akhir 3-2.

Dalam pertandingan nanti, skuat Brasil tak akan diperkuat beberapa pe­main penting, terutama yang bermain di Liga Ing­gris karena adanya aturan yang melarang para pe­main melakoni laga Inter­nasional karena pandemi COVID-19.

Alison Becker, Ederson, Thiago Silva, Fred, Fabin­ho, Douglas Luiz, Roberto Fir­mino, Gabriel Jesus, hingga Richarlison dipre­diksi tidak akan terlibat di laga ini.

Namun, Brasil masih memiliki banyak pemain berpengalaman, seperti strikel andal Neymar, bek kanan veteran Dani Alves, hingga Hulk.

Neymar menjadi ujung tombak skuat Tite karena memiliki ketajaman yang mumpuni.

Ia tampil gemilang de­ngan 5 gol dan empat assist dalam empat penam­pilannya di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pemain Paris Saint-Ger­main juga mencatatkan 2 gol dan tiga assist dalam 6 laga di Copa America 2021 saat Brasil menjadi runner-up.

Adapun Chile, saat ini tengah berada di fase meng­khawatirkan yang membuat mereka hanya memenangi satu dari tujuh pertandingan internasional terakhir.

Hal yang lebih meng­khawatirkan, Arturo Vidal dan kolega hanya me­me­nangi satu laga dalam enam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pasukan Martin La­sar­te pun duduk di posisi ke­tujuh klasemen dengan enam poin, dua poin di belakang Uruguay yang menempati posisi ke­em­pat alia tempat terakhir dalam kualifikasi.

Kendati menyandang status sebagai tuan rumah, Chile akan kesulitan men­jamu musuhnya kali ini. Mengingat, di pertemuan terakhir La Roja dihan­curkan Brasil di perempat final Copa America 2021.

Chile, sementara itu, akan melakoni laga berat ini tanpa Alexis Sanchez yang mengalami cedera betis, sehingga harus me­ngan­dalkan Eduardo Var­gaz untuk memimpin lini depan.

Striker Blackburn Rovers, Ben Brereton Diaz dan bek Watford, Francisco Sierraita juga tidak men­jalani laga internasional bersama La Roja.

Eduardo Vargas bakal dijadikan andalan di lini depan, mengingat Alexis Sanchez tengah menepi.

Pemain Atletico Minero itu tampil apik di ajang Copa America dengan ca­ta­tan 2 gol dan satu assist dalam 5 penampilannya. Sementara di kualifikasi Piala Dunia, Vargaz sudah memainkan 4 laga. (*/rgr)

PRAKIRAAN PEMAIN

Chile (3-5-2):

Claudio Bravo; Mauricio Isla, Guillermo Maripan, Gary Medel; Sebastian Vegas, Eugenio Mena, Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz; Eduardo Vargas, Jean Meneses.

Pelatih: Martin Lasarte.

Brasil (4-3-3):

Weverton; Dani Alves, Marquinhos, Eder Militao, Alex Sandro; Lucas Paqueta, Casemiro, Bruno Guimaraes; Gabriel Barbosa, Neymar, Vinicius Junior.

Pelatih: Tite.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional