Close

Chelsea Pecat Tuchel Usai Kalah di UCL

Thomas Tuchel

Chelsea memberhentikan Thomas Tuchel dari jabatannya sebagai pelatih kepala. Keputusan ini diambil tak lama usai kekalahan dari Dinamo Zagreb di Liga Champions. “Chelsea Football Club hari ini telah pisah jalan dengan pelatih kepala Thomas Tu­chel,” demikian bunyi pernyataan di situs resmi Chelsea, Rabu (7/9) sore WIB.

Chelsea semalam dikalahkan Dinamo Zagreb di matchday 1 Grup E Liga Champions, Rabu (7/9) dini hari WIB. The Blues kalah dengan skor 0-1. Kekalahan itu memperpanjang laju kurang sip Chelsea di musim ini. Di Premier League, Chelsea sudah kalah dua kali dalam enam pertandingan.

Chelsea mencatat tiga keme­nangan, satu hasil imbang, dan dua kali kalah di Premier League sejauh ini. Mereka kini menempati peringkat keenam klasemen Liga Inggris dengan 10 poin.

Thomas Tuchel dipecat setelah memimpin Chelsea dalam 100 per­tandingan. Selama menangani Chel­sea, Tuchel mencatat 60 kemenangan, 24 hasil imbang, dan 16 kali kalah.

Thomas Tuchel baru diangkat sebagai pelatih kepala Chelsea pada Januari 2021 menggantikan Frank Lampard. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu mengantar Chelsea juara Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Thomas Tuchel dipecat setelah menghabiskan 399,99 juta euro atau setara dengan Rp5,9 triliun dana Chelsea guna membeli pemain dalam dua musim terakhir.

Tuchel bergabung dengan Chel­sea pada pertengahan musim 2020/2021, tepatnya 26 Januari 2021 usai menggantikan Frank Lampard.Akan tetapi pada jendela transfer tengah musim itu Tuchel tidak melakukan pembelanjaan pemain. Meski tidak belanja pemain, pelatih asal Jerman tersebut memberikan gelar juara Liga Champions 2020/2021.

Pada musim 2021/2022, Tuchel untuk kali pertama diberikan kesem­patan belanja pemain oleh Roman Abramovich.

Meski hanya memberi seorang Romelu Lukaku dari Inter Milan, biaya yang dikeluarkan The Blues sangat besar, yaitu 113 juta euro.

Musim 2022/2023 jadi yang kedua bagi Tuchel dalam belanja pemain. Angka belanja mantan pelatih Paris Saint-Germain itu juga tidak main-main, lebih dua kali lipat dari musim lalu.

Pada musim ini Tuchel membeli tujuh pemain dan satu pemain pinjaman dengan total biaya mencapai 281,99 juta euro.

Dalam dua musim terakhir total belanja Thomas Tuchel mencapai 399,99 juta euro atau setara dengan Rp5,9 triliun.

Tuchel dipecat Chelsea setelah kalah 0-1 dari Dinamo Zagreb di Liga Champions, Selasa (6/9). Di Liga Inggris The Blues sudah menelan dua kekalahan dari enam pertandingan dan kini di peringkat keenam klasemen. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top