Close

Chelsea 0 vs 2 Manchester United, 7 Detik Kehebatan Pogba

Paul Pogba jadi bintang kemenangan Manchester United atas Chelsea. Aksi tujuh detik saat mencetak gol kedua The Red Devils berbicara banyak soal kehebatan dia.

Manchester United mengalahkan Chelsea 2-0 di putaran kelima Piala FA dini hari tadi. Setan Merah akhirnya bisa menang lagi di markas sang lawan. Dalam pertandingan di Stamford Bridge, Selasa (19/2) dini hari WIB, MU menang berkat dua gol yang masing-masing dicetak Ander Herrera dan Paul Pogba.

Manchester United memimpin 1-0 dalam lawatan ke Chelsea setelah Ander Hererra menyongsong crossing Pogba menggunakan kepalanya di menit 31. Sebelum turun minum, Pogba membuat MU memimpin 2-0, ketika dia menjebol gawang The Blues juga menggunakan kepala.

Gol yang dibuat Pogba adalah sebuah aksi pamer gelandang asal Prancis itu atas kemampuannya membaca permainan, mengreasikan serangan, dan pada saat bersamaan menjadi eksekutor.

Adalah Pogba yang berhasil memenangi penguasaan bola ketika dia memotong umpan David Luiz ke arah N’Golo Kante dan Jorginho. Dengan jeli dia melihat Marcus Rashford bergerak di sayap kanan, Pogba pun langsung menyodorkan bola ke belakang Marcos Alonso untuk membebskan rekannya menusuk ke sepertiga pertahanan tuan rumah.

Usai mengoper bola ke Rashford, Pogba berlari menuju kotak penalti Chelsea. Ketika itu ada lima pemain Chelsea berada di dalam kotak penalti, plus kiper Kepa Arrizabalaga.

Saat Rashford melepaskan crossing dan bola melayang di udara, Pogba terus mencari ruang dan menunggu momen terbaik untuk menyambutnya. Meski di antara jepitan Cesar Azpilicueta dan Kante, Pogba memenangi duel udara dan menanduknya masuk ke gawang.

Pogba butuh tujuh detik dari momen dia melepas umpan ke Rashford sampai menanduk bola menjebol gawang Chelsea. Aksi gemilang untuk membayar kegagalan dan kartu merah di Liga Champions, pekan lalu.

”Kami tahu dia adalah salah satu gelandang serang terbaik di dunia, dia punya visi, bagaimana seorang pemain memandang permainan. Crossing pada gol Ander (Hererra) fantastis, lalu dia melakukannya lagi ke Marcus (Rashford) dan lihat bagaimana dia masuk ke kotak penalti,” puji pelati Ole Gunnar Solskjaer.

Pogba dimainkan sebagai salah satu dari tiga gelandang dalam formasi 4-3-1-2. Kerja Pogba dalam laga dengan Chelsea tak mudah karena, seperti diakui Solskjaer, ada dua pemain yang selalu mengawasinya.

Tapi meski ditekan oleh dua gelandang bertipe bertahan, N’Golo Kante dan Jorginho, toh Pogba berhasil menciptakan ruang untuknya sendiri dan juga rekan-rekannya. ]

”Pogba menjalani pertandingan berat dengan PSG, tapi saya pikir dia adalah pemain terbaik kami, ada dua atau tiga pemain terus berada di sekitar dia sepanjang pertandingan. Malam ini, dia memberikan respons yang bagus. Tentu saja dia bermain menghadapi salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia dengan Kante terus berada di dekatnya. Saya pikir hari ini dia berhasil mendapatkan ruang,” papar Solskjaer.

Pogba dapat poin 9,0 dari situs statistik Whoscored atas penampilannya dinihari tadi. Sepanjang 90 menit pertandingan dia menciptakan 71% umpan sukses, membuat dua dribel sukses, juga punya 100% sukses tekel.

”Kami tahu dia adalah salah satu gelandang serang terbaik di dunia. Dia punya visi, cara pandang seorang pemain. Crossing pada gol yang dibuat Ander itu fantastis. Lalu dia kemudian membuatnya lagi pada Marcus dan bagaimana dia masuk ke kotak penalti, itu fantastis,” lanjut Solskjaer.

Tak cuma lolos ke perempatfinal, The Red Devils mengakhiri catatan buruknya. Sebelumnya, tim yang kini diasuh Ole Gunnar Solskjaer itu tak pernah menang di markas Si Biru sejak 2012. Tercatat, terakhir kali MU menang atas Chelsea di Stamford Bridge terjadi pada 28 Oktober 2012. Ketika itu, MU, yang masih dilatih Sir Alex Ferguson, menang 3-2 atas The Blues di Liga Inggris.

Sejak saat itu, MU selalu kesusahan saat bertandang ke London. Dari 10 lawatannya ke sana, MU tak pernah menang lagi dengan catatan dua kali kalah dan delapan kali kalah. Kemenangan atas Chelsea juga menjadi respons positif MU usai kalah di Liga Champions. Tengah pekan lalu, Pogba cs tumbang 0-2 dari Paris Saint-Germain di Old Trafford, yang menghentikan catatan tak terkalahkan mereka bersama Solskjaer. (*/ren)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top