Menu

Chef Yunik Ira Hadir di Padang

  Dibaca : 278 kali
Chef Yunik Ira Hadir di Padang
Chef Yunik Ira

Berbagi Aneka Resep Kue dan Snackbox

ADINEGORO, METRO–Kabar gembira bagi ibu-ibu yang ingin berbisnis kuliner skala rumahan atau UMKM. Seorang chef dengan spesialisasi aneka kue dan snackbox yang menarik akan hadir di Kota Padang, Sabtu 27 Oktober 2018. Sang chef akan menggelar latihan bareng (latbar) di Ballroom Hotel HW Pukul 09.00 WIB.

“Ayo yang belum mendaftar, jangan sampai kehabisan tempat. Kita akan latbar bersama dengan materi varian snackbox cantik. Dan, akan ada tamu spesial yaitu Ibu Gubernur Sumbar Hj Nevi Irwan Prayitno. Yuks semangat berkayar bunda-buda Kota Padang,” kata Chef Yunik Ira kepada koran ini, kemarin.

Yunik menyebutkan, aneka resep itu nantinya bisa dijadikan sebagai andalan para ibu-ibu untuk mempercantik dan memperkaya jualan yang sudah ada. Atau, bagi yang ingin membuka usaha kuliner, ilmu itu bisa dipakai. “Jadi, kami menawarkan aneka jenis kue yang cantik, namun dengan cara membuat yang simpel dan bahan yang mudah dan murah,” katanya.

Yunik Ira adalah chef yang lahir di Solo, Jawa Tengah dan besar di Jember, Jawa Timur. Awalnya Yunik adalah karyawan biasa di sebuah perusahaan komunikasi dan lantas mengundurkan diri. Karena menyadari passionnya ternyata di dunia baking dan cooking.

Wanita kelahiran 1979 itu dikenal sebagai founder (pendiri) Jember Baking Class (JBC). Meski tetap sebagai ibu rumah tangga (IRT) Yunik tetap tertantang untuk menciptakan ide kreasi dari berbagai macam snackbox hingga akhirnya terciptalah resep-resep hasil karya Yunik sendiri.

Hal itulah yang membuat nama Yunik Ira di Jember dan Jawa Timur sekitarnya  sangat dikenal. Selanjutnya Yunik pun tidak segan-segan berkeliling Jember untuk mengajarkan ilmu kepada ibu-ibu bakulan di sana. Yunik Ira sering diundang menjadi pemateri di berbagai komunitas di berbagai daerah di Pulau Jawa dan sekarang mulai merambah ke Pulau Sumatera.

Meski sekarang bergelar chef terkenal, Yunik Ira tidak mengikuti basic kursus/pelatihan kue. Awalnya dia mencari kesibukan di rumah dengan membikin kue. “Kue pertama yang saya buat pudding dan brownis berdasarkan resep di buku resep kue yang dijual di pasaran,” katanya.

Awalnya, Yuni menawarkan kue yang dibuatnya ke teman-teman atau mitra kerja lama yang masih berkomunikasi. Ternyata, ada beberapa yang sangat berminat dan antusias untuk memesan kembali kue dan pudding bikinannya. “Itu yang membuat saya lebih bersemangat lagi untuk lebih meng-explore lagi kemampuan saya di bidang kuliner,” katanya.

Yunik belajar kue dan pudding berdasarkan otodidak dan eksperimen, meskipun banyak juga produk gagal yang pernah dibuat tapi tidak membuatnya patah semangat. Hal itu karena dukungan dari keluarga yang terus menyemangati dan terus mendukung untuk terus berkarya hingga sekarang.

Selanjutnya, usaha kue dan catering terus berkembang (meskipun juga harus jatuh bangun). Hingga di tahun 2015 akhir dia dan kakak sepupu mempunyai ide untuk mendirikan JBC (Jember Baking dan Cooking Class).

Alhamdulillah setiap kegiatan kursus kue yang kami adakan mendapatkan antusias dan respon positif dari peserta. Dan itu menuntut saya untuk terus dan terus berinovasi dan meng-explore lebih dalam pengetahuan saya untuk menciptakan beberapa produk yang benar-benar baru di luar kebiasaan dalam membuat kue,” katanya.

Katanya, ide dalam membuat kue juga terkadang muncul dari kebiasannya yang mempunyai hobi traveling. Meski perempuan, terutama yang lebih disukai traveling di daerah pantai dan pegunungan. Karena itulah, sekarang dia juga menikmati “tour” keliling Indonesia dengan berbagai resep kue.

“Dalam prinsip saya untuk membuat kue itu bukan hanya sekadar berhasil dan jadi, akan tetapi di dalam kue itu sendiri harus bisa tertuang ide, pesan, perasaan. Dan yang terpenting membuat kue itu adalah suatu hasil karya seni dan di eksekusi dengan finishing yang harus bisa membuat orang takjub akan karya seni kita,” katanya yang menyebut, bagi peminat, bisa menghubungi Mba Ayya di nomor WA 081218401434. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional